Juru Bicara Tim Dokter Pasien Covid 19 RSUP Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan MSc Sp.P mengatakan, pihaknya merawat 17 pasien dalam pengawasan terkait virus corona di ruang isolasi. Ada keluhan yang kerap dirasakan pasien sebelum akhirnya diputuskan untuk diisolasi. Erlina mengatakan, mayoritas pasien diketahui mengeluhkan demam tinggi, batuk dan kesulitan bernafas.

Pasien tersebut merasakan keluhan itu usai melakukan kunjungan ke negara pandemik virus corona. Selain itu, beberapa pasien mengeluhkan jatuh sakit usai berkontak langsung dengan pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona. "Jadi gejala yang dirasakan pasien itu demam, batuk, dan kemudian kesulitan bernafas," kata Erlina saat ditemui di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Sabtu (7/3/2020).

Dari gejala yang dirasakan itu, kata dia, pihak rumah sakit kemudian melakukan pemeriksaan radiografi dada atau sinar X dada (Toraks). Jika ada peradangan paru, mereka kemudian harus diisolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Diungkapkan Erlina, pemeriksaan lanjutan itu untuk mengetahui apakah sakit yang dirasakan pasien tersebut diakibatkan virus corona atau bukan.

"Kita konfirmasi gejala itu dengan foto toraks atau rontgen dada. Bila terdapat peradangan di paru, baik itu ringan atau berat ini masuk kriteria orang pasien dalam pengawasan dan ini kita rawat," ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *