Sebanyak 39 Warga Negara Indonesia (WNI) langsung dibawa ke Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran setibanya di Indonesia pada Sabtu (16/5/2020). Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H Agus Cahyono mengatakan mereka dibawa ke RS Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran untuk menjalani protokol kesehatan. "Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut dibawa ke Rumah Sakit Darurat Covid 19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, guna menjalani protokol kesehatan," kata Agus dalam keterangan resmi Puspen TNI, Minggu (17/5/2020).

Agus mengatakan Pesawat Hercules C 130 seri A1318 milik TNI AU yang telah selesai melaksanakan misi kemanusian ke Fiji dan kembali ke tanah air. Pesawat mengangkut 39 Warga Negara Indonesia dan mendarat dengan selamat di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (16/5/2020) sekitar pukul 16.30 WIB. Ia mengatakan Keberhasilan misi kemanusiaan ini merupakan wujud kerja sama yang baik antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan sejumlah lembaga.

"Di antaranya Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Fiji, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) serta berkat dukungan seluruh rakyat Indonesia," kata Agus. Diberitakan sebelumnha, Bantuan Kemanusiaan Indonesia bagi korban Topan Harold di Fiji secara resmi telah diserahkan oleh Duta Besar Republik Indonesia R M Benyamin Scott Carnadi kepada Menteri Pertahanan Republik Fiji Inia Seruiratu di Bandara Internasional Nadi, Fiji pada Jumat (15/5/2020) pukul 09.00 waktu setempat. Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H Agus Cahyono mengatakan pada kesempatan tersebut Benyamin menyampaikan bantuan kemanusiaan yang telah diserahkan merupakan wujud kepedulian dan dukungan negara Indonesia terhadap pemerintah Fiji dalam menanggulangi bencana alam Topan Harold.

Benyamin berharap agar Fiji dapat mengatasinya dengan baik dan dapat pulih kembali. Sementara itu Inia menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam atas bantuan Indonesia dengan perjalanan yang sangat jauh ini. Harapan pemerintah Fiji, penyerahan bantuan tersebut akan semakin memperkokoh ikatan kerja sama antar kedua negara yang telah terjalin baik selama ini.

Ia juga meminta agar salam dari rakyat Fiji disampaikan untuk seluruh rakyat Indonesia. Kedepan, Fiji ingin membangun kerja sama dengan Indonesia di bidang penanganan bencana alam, karena Fiji memandang bahwa Indonesia mempunyai banyak pengalaman di bidang tersebut. Selanjutnya pemerintah Fiji akan segera memberikan bantuan tersebut kepada warga Fiji yang terdampak Topan Harold di Pulau Kadavu.

"Usai mengemban misi bantuan kemanusiaan, pesawat Hercules C 130 seri A1318 milik TNI AU, mengangkut 39 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebagian besar merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Fiji. Pesawat tersebut take off pukul 10.30 waktu setempat menuju tanah air," kata Agus dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (15/5/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *