Penyebaran Covid 19 atau virus corona menyita perhatian dunia. Pemerintah Indonesia pun sudah mengumumkan ada dua pasien positif terinfeksi virus corona dan saat ini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Untuk diketahui, ada beberapa cara penularan virus corona yang perlu diketahui masyarakat Indonesia.

Hal ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi. Dokter Spesialis Paru Anggota Kelompok Staf Medik (KSM) Paru RSUD Dr Moewardi Surakarta, Dr dr Reviono, SpP (K), menjelaskan, setidaknya Covid 19 dapat menular dari manusia ke manusia dengan empat cara. Berikut transmisi virus corona yang perlu diperhatikan:

"Virus corona memiliki banyak rute penularan. Sebagian penularan berlangsung kuat dan cepat," kata Reviono sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin (2/3/2020). Dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas (UNS) Solo itu menyampaikan, penularan virus corona dari feses atau tinja memang bisa saja terjadi. Seseorang yang bersentuhan dengan kotoran ketika buang air besar (BAB) dan tidak mencuci tangan dengan bersih diketahui dapat menularkan virus tersebut.

Sebab, virus yang ada di tangan dapat menyebar ke orang lain ataupun hinggap lebih dulu di benda mati. Oleh karena itu, Reviono menganjurkan agar siapa saja untuk rajin mencuci tangan sebagai langkah antisipasi penularan virus corona. Selain itu, dia menyarankan masyarakat senantiasa menjaga kebersihan pribadi dan tidak dulu mengonsumsi makanan ataupun minuman mentah.

Terkait dengan masker, menurut Reviono, tidak harus dipakai oleh semua orang untuk menghindari penularan Covid 19. Masker hanya dianjurkan dipakai bagi mereka yang memiliki gejala penyakit menular, seperti batuk dan pilek, agar tidak menular ke orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *