Penerbangan domestik kini sudah bisa dilakukan dengan beberapa maskapai penerbangan pada era new normal. Namun, ada beberapa syarat terbaru yang harus kamu patuhi agar bisa sampai tujuan dengan aman dan selamat. Persyaratan tertera dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas.

Percepatan Penanganan Covid 19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (23/6/2020), beberapa dokumen persyaratan tersebut yaitu sebagai berikut: Kendati demikian, setiap destinasi memiliki persyaratan tambahan yang harus dilengkapi sebelum mendarat di sana.

Sebagai contoh, penerbangan Lion Air menuju Sumatera Barat dengan pemberhentian di Bandara Internasional Minangkabau, mengutip situs resminya, memiliki persyaratan tambahan sebagai berikut: Selain itu, untuk penerbangan ke seluruh rute domestik dari Bandara Soekarno Hatta, terdapat persyaratan lain yang dikeluarkan oleh Lion Air yakni sebagai berikut: Jika tidak memilikinya, Kartu Kewaspadaan Kesehatan akan diberikan di bandara keberangkatan, atau di pesawat sebelum mendarat.

Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik berfungsi memudahkan dan menghindari antrean. Sementara itu, Ombudsman Republik Indonesia (RI) menyarankan pemerintah untuk mengkaji kembali syarat rapid test dan swab test untuk penumpang pesawat. Menurut Ombudsman, banyak masyarakat yang mengartikan bahwa saat sudah melakukan rapid test dan swab test merasa dirinya kebal terhadap Covid 19.

Terkait hasil rapid test dan swab test, yang disebut Ombudsman disalahartikan sebagai imunitas berjangka, Lion Air Group enggan mengomentari hal tersebut. Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengenai hasil tes dan validasinya itu bukan wewenang Lion Air Group. Maka harus dikonfirmasi kepada lembaga kesehatan terkait, dan yang berwenang mengatakan itu.

Lanjut Danang, Lion Air Group menilai saat ini penumpang pesawat sudah memahami persayaratan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara di tengah wabah Covid 19. Menurut Danang, persyaratan ini sesuai dengan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19. "Dalam surat edaran ini, syarat untuk terbang kembali diatur dan menjadi lebih sederhana dibandingkan peraturan yang lalu," kata Danang.

Sebelumnya Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie, meminta pemerintah mengkaji ulang kebijakan rapid test dan swab test untuk penumpang pesawat. Kebijakan rapid test dan swab test, menurut Alvin, hanya Indonesia saja yang memberlakukan kebijakan tersebut bagi penumpang pesawat. "Saya mengamati bahwa di negara lain, untuk penumpang pesawat tidak ada prosedur rapid test dan swab test terkait virus corona atau Covid 19," ucap Alvin dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/6/2020).

Pasalnya rapid test yang berlaku untuk tiga hari, lanjut Alvin, sering dianggap sebagai vaksin atau imunitas bahwa penumpang pesawat tidak akan terkena Covid 19 selama tiga hari. "kemudian itu juga berlaku untuk swab test yang berlaku tujuh hari, banyak yang menganggap seperti imunitas," ucap Alvin. Alvin mengatakan, seolah olah jadinya yang telah melakukan rapid test dan swab test kebal terhadap Covid 19, Ini disalah artikan.

"Padahal bisa saja saat melakukan tes reaktifnya negatif, tetapi tiba tiba kontak dengan orang positif dan tidak ketauan karena sudah dinyatakan negatif saat tes," ujar Alvin. "Hal ini lah yang harus dikaji kembali oleh pemerintah terkait kebijakan pemeriksaan tes Covid 19," lanjut Alvin. Selain itu Alvin juga menyarankan pemerintah, agar setelah pemeriksaan tes Covid 19 dilakukan tracking kepada orang tersebut.

"Hal ini agar pemeriksaan terhadap masyarakat, dapat lebih terarah dan melindungi masyarakat dalam penyebaran wabah ini," ucap Alvin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *