Banjir Jakarta, Gubernur Anies Baswedan Tinjau Pintu Air Manggarai: Layanan Darurat Hubungi 112

Gubernur DKI Jakarta langsung turun ke lapangan memantau kondisi banjir Jakarta di Pintu Air Manggarai, Rabu (1/1/2020). Dilansir dari Instagram Story @aniesbaswedan, Anies Baswedan mengunjungi Pintu Air Manggarai dengan mengenakan jas hujan berwarna merah dan celana jins biru. Melalui Instagram Story tersebut, Anies Baswedan juga membagikan informasi panggilan darurat.

Untuk layanan darurat hubungi Jakarta Siaga 112 ," tulisnya. Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan imbauan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan darurat untuk menghubungi 112. "Bagi Masyarakat Wilayah DKI Jakarta apabila membutuhkan evakuasi, bantuan dan informasi data tinggi muka air untuk saat ini dapat menghubungi #JakartaSiaga112 !"

Sementara itu hingga pukul 10.00 WIB, status tinggi muka air di Pintu Air Manggarai berada pada posisi 900 cm. Hal ini membuat status Pintu Air Manggarai berada di Siaga 2. Sebelumnya, kenaikan tinggi muka air di Pintu Air Manggarai pada pukul 06.00 WIB berada di posisi 920 cm.

Siaganya Pintu Air Manggarai dapat berdampak pada sejumlah wilayah. Antara lain Gondangdia, Grogol, Jatipulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan, dan Tomang. Dikabarkan banjir menerjang berbagai daerah di hari pertama tahun 2020.

Hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak Selasa (31/12/2019) membuat sejumlah wilayah di DKI Jakarta banjir Rabun (1/1/2020). Banjir dikabarkan hampir merata di wilayah ibu kota. Dikutip dari dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, lima wilayah di DKI Jakarta terendam banjir.

Sementara itu, Tol Jatinegara juga terkena banjir. Pada pukul 06.13 WIB, banjir setinggi 30 50 cm terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pada pukul 07.19 WIB banjir juga terpantau terjadi di kompleks Duta Harapan Indah, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sementara itu pada pukul 06.10 WIB, banjir setinggi 50 cm terjadi di Terowongan Interchange Cawang, dan Halim, Jakarta Timur. Sedangkan arus lalu lintas yang mengarah ke Jatinegara dialihkan melewati Pancoran. Banjir terjadi pukul 05.00 WIB dengan ketinggian air 30 cm hingga 50 cm.

Kampus Borobudur di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur dengan ketinggian air sekitar 40 cm. Banjir juga terjadi di perumahan warga di Kelurahan Gedong di Pasar Rebo, Jakarta Timur dengan ketinggian air diperkirakan mencapai 30 70 cm. Banjir cukup parah juga terjadi di wilayah Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Tol Jatinegara pun turut digenangi banjir. Pada pukul 06.09 WIB banjir setinggi 50 60 cm menggenangi jalan tol tersebut. Sementara seluruh kendaraan dari Tanjung Priok menuju Cawang dikeluarkan di exit Tol Rawamangun.

Di kawasan Jakarta Barat banjir setinggi 30 40 cm terjadi di Jalan Daan Mogot, Cengkareng Jakarta Barat. Akibat banjir tersebut arus lalu lintas dialihkan melewati Ring Riad Puri Kembangan. Kawasan Jalan Bambu Kuning Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat juga dilaporkan terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai 50 60 cm.

Pada pukul 05.49 WIB, berdasarkan laporan warga lewat akun Twitter @dnaryant ke TMC Polda Metro Jaya, banjir juga terjadi di kawasan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Sementara pada 07.11WIB banjir dengan ketinggian sekitar 30 40 cm terjadi di depan Kampus Atmajaya Semanggi Bawah, Jakarta Selatan. "Bagi pengendara dihimbau untuk menghindari jalur tersebut," tulis akun TMC Polda Metro Jaya

Sementara itu Komplek IKPN di Bintaro, Jakarta Selatan juga mengalami banjir yang cukup tinggi. Dilansir , TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter juga menyebutkan bahwa banjir terjadi di beberapa wilayah di Jakarta, di antaranya di Perumahan Setneg Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Selain lokasi tersebut, sejumlah wilayah seperti Pondok Betung, Pondok Gede, TMII Square, Kampung Melayu, Jalan Yos Sudarso, Kalibata juga terdampak banjir di atas 20 cm.

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa dari peristiwa alam itu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memprediksi terjadi hujan di seluruh wilayah Jakarta pada malam tahun baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *