Berikut kumpulan resep dan cara memasak soto yang mudah serta cepat. Sotobisa menjadi salah satu menu andalan untuk dihidangkan sebagai menu makanan pendamping nasi. Membuat soto cukup mudah, waktu yang diperlukan juga tidak lama yaitu kurang dari 1 jam.

Anda bisa mengkreasikansoto dalam berbagai menu masakan, agar lebih variatif dan menarik. Maka simak, berikut resep, cara dan bahan membuat membuat soto yang enak dan praktis. Ekor ayam

Lembar daun salam Sendok makan garam 1/2 sendok makan gula pasir

500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa Sendok makan minyak untuk menumis 12 butir bawang merah

Siung bawang putih Butir kemiri, sangrai Cm kencur

Cm kunyit, bakar 100 gram taoge Batang daun seledri, iris halus

Sendok makan bawang merah goreng, untuk taburan 1. Pertama rebus ayam bersama 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe di dalam 1.500 ml air sampai matang. 2. Setelah matang, angkat dan ambil kaldunya 1.250 ml.

3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. 4. Tuang ke dalam rebusan ayam dan tambahkan garam dan gula dan aduk rata. 5. Masak sampai ayam matang dan angkat ayam, lalu suwir suwir.

6. Masukkan santan, aduk rata dan masak sampai matang. 7. Sajikan dengan pelengkap, suwiran ayam, dan kuah. 1/2 ekor ayam

2.000 ml air Lembar daun salam Batang serai, diambil putihnya, dimemarkan

Buah tomat dipotong potong Sendok makan garam 1/2 sendok teh gula pasir

500 ml minyak untuk menggoreng Sendok makan minyak untuk menumis Cm kunyit, dibakar

12 butir bawang merah Siung bawang putih 1/4 sendok teh merica

100 gram soun, direndam 150 gram emping, digoreng, diremahkan 150 gram taoge, diseduh sebentar

Tangkai seledri, diiris halus Sendok makan bawang merah goreng Butir telur direbus

1. Pertama rebus ayam, air, daun salam, dan serai. 2. Angkat dan saring 1.500 ml air kaldunya, kemudian didihkan lagi. 3. Goreng ayam sampai matang.

4. Lalu suwir suwir dagingnya dan sisihkan. 5. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai harum. 6. Tuang ke rebusan kaldu lalu aduk rata.

7. Tambahkan tomat, garam dan gula pasir, lalu aduk rata lagi dan masak sampai mendidih. 8. Terakhir sajikan bersama bahan pelengkap lainnya. 500 gram daging sapi

2.000 ml kaldu sapi Batang serai dimemarkan Cm jahe, memarkan

250 gram lobak iris tipis Sendok makan garam 1/2 sendok makan gula pasir

Sendok makan minyak untuk menumis Butir bawang merah Sendok teh merica bubuk

Tangkai seledri, iris halus 125 gram kacang kedelai goreng Sendok makan bawang goreng

Sendok teh cuka 1. Pertama rebus daging di dalam kaldunya sampai mendidih. 2. Lalu panaskan minyak dan tumis bumbu halus, serai, dan jahe sampai harum.

3. Kemudian tuang ke dalam rebusan daging dan masak sampai empuk. 4. Masukkan lobak, garam, dan gula pasir, masak sampai matang. 5. Terakhir sajikan bersama pelengkap, seperti seledri, kedelai goreng, bawang goreng hingga teh cuka.

Ekor ayam pejantan, dipotong 4 bagian 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa 2.000 ml santan encer dari sisa perasan santan kental

Batang serai, dimemarkan Cm lengkuas, dimemarkan Lembar daun salam

Sendok makan garam 1/2 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok makan gula pasir

Sendok makan minyak untuk menumis Batang daun bawang, dipotong potong untuk taburan 18 siung bawang putih

Butir kemiri, disangrai 1. Rebus ayam dan santan encer sampai matang. 2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam sampai harum. Tuang ke dalam rebusan ayam.

3. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Rebus sampai matang dan meresap . Angkat ayam. Suwir suwir. 4. Tuang santan kental. Masak sampai mendidih. 5. Sajikan bersama taburan daun bawang.

1. Gunakan minyak untuk menghaluskan bumbu Untuk soto yang bumbunya akan kita tumis, paling baik, tambahkanminyakke dalamnya dan bukan air. Kira kira tambahkanminyaksekitar 2 sendok makan saja untuk membantu penghalusan bumbu di dalam blender.

2. Tumis bumbu hingga mengering Bumbu soto, kan, harus ditumis sampai mengering dan wangi aromanya. Ini bertujuan membuat aroma soto lebih kuat dan nikmat.

3.Rebus daging atau ayam dalam air dingin Ingat, selalu rebus daging atau ayam dalam air yang masih dingin dan bukan mendidih. Tujuannya agar pori pori daging bisa terbuka dan kaldunya bisa keluar maksimal.

4.Hati hati mencampur bumbu dengan kuah Agar bisa hilang bau mentahnya, ambil satu sendok sayur air rebusan daging atau ayam. Tuang ke dalam tumisan dan biarkan beberapa lama, lalu tuang lagi satu sendok sayur air rebusan kaldu, lakukan sekali lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *