BREAKING NEWS: Narapidana Lapas Klas II B Karangasem Tewas Tergantung di Ventilasi Pintu

NPWA (27), narapidana asal Denpasar, ditemukan tewas gantung diri di ventilasi atas pintu teralis besi kamar sel isolasi nomor 6, Lapas Klas II B Karangasem, Lingkungan Susuan, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Bali. Yang pertama menemukan korban tergantung yakni petugas Lapas Klas II B Karangasem, Cokorda Ngurah Sumarbawa Rama Putra, Pada Kamis (12/3/2020) sekitar pukul 20.35 Wita. Korban ditemukan sudah dalam keadaan tergantung di ventilasi atas pintu terali besi mengunakan baju kaos berwarna biru.

Informasi yang dihimpun di lapangan, saksi menemukan korban tergantung di atas teralis besi saat mengontrol narapidana. Saksi mulai mengontrol narapidana sekitar pukul 20.25 Wita. Dia mengecek ruangan satu per satu. Dan memantau kondisi kesehatan para narapidana.

Sekitar pukul 20.35 Wita, dia memasuki Sel Isolasi mengecek satu per satu kondisi kamar tahanan. Sampai di Sel No. 6 saksi sudah melihat korban dalam posisi tergantung. Penjaga kaget, dan kemudian memberitahu kepada rekannya I Made Para yang saat itu bertugas menjaga lapas Karangasem.

Mereka bersama sama mengecek ke Sel Nomor 6 untuk memastikan. Dan ternyata korban sudah dalam keadaan tergantung. Beberapa kali saksi panggil korban tapi tak ada respon.

Saksi memberitahu Kasi Mimkamtib, I Wayan Suastika, pukul 20.40 Wita. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Polsek Kota. Saksi bersama pimpinan langsung mengecek ke lokasi. Korban dinyatakan meninggal dunia. Korban tidak memakai baju, hanya mengunakan celana pendek biru.

Kain yang digunakan untuk gantung yakni baju kaus berwarna biru bertuliskaan "Team Layangan Lapas Kerobokan". Sementara dikonfirmasi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kota, IPTU I Wayan Gede Wirya, membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya masih belum berani memastikan penyebab yang beersangkutan gantung diri.

"Kita belum bisa dipastikan. Masih tunggu hasil penyelidikan dan visum," kata Iptu Wayan Gede Wirya, Jumat (13/3/2020). Berita atau artikel ini tidak bertujuan menginspirasi tindakan bunuh diri. Pembaca yang merasa memerlukan layanan konsultasi masalah kejiwaan, terlebih pernah terbersit keinginan melakukan percobaan bunuh diri, jangan ragu bercerita, konsultasi atau memeriksakan diri ke psikiater di rumah sakit yang memiliki fasilitas layanan kesehatan jiwa.

Berbagai saluran telah tersedia bagi pembaca untuk menghindari tindakan bunuh diri. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Berikut daftar layanan konseling yang bisa Anda kontak maupun untuk mendapatkan informasi seputar pencegahan bunuh diri: Gerakan "Into The Light" Facebook: IntoTheLightID Twitter: @IntoTheLightID Email: [email protected] Web: intothelightid.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *