Catatan Menarik Liga Inggris Pekan ke-20, Liverpool Unbeaten hingga Kemenangan ke-100 Guardiola

Kemenangan yang diraih oleh Manchester City atas Sheffield United menjadi laga penutup pekan ke 20 Liga Inggris 2019, Senin (29/12/2019). Beberapa hasil mengejutkan mewarnai pertandingan terakhir di penghujung tahun 2019 termasuk kegagalan Arsenal dan Spurs meraih kemenangan. Tim tim seperti Liverpool, Leicester City, Everton, hingga Chelsea mampu meraih kemenangan atas lawan lawannya.

Kemenangan Liverpool atas Wolverhampton Wanderers secara tidak langsung membuat tim asuhan Jurgen Klopp tidak terkalahkan ketika bermain di kandang sepanjang tahun 2019. Bahkan, Liverpool secara statistik belum terkalahkan ketika bermain di Stadion Anfield sejak musim April 2017. Alhasil, torehan 50 laga tanpa terkalahkan saat bermain di Stadion Anfield merupakan bukti performa hebat yang sedang dijalani oleh Liverpool.

Kekalahan terakhir yang dirasakan oleh Liverpool ketika bermain dikandang terjadi ketika ditumbangkan Crystal Palace pada April 2017. Setelahnya dalam 50 laga secara beruntun, The Reds tidak pernah menelan satu kalipun kemenangan setiap bermain di laga kandang. Rinciannya 40 kali menangn dan 10 hasil imbang menjadi catatan Liverpool ketika berlaga di Stadion Anfield.

Rekor tersebut diyakini akan terus bertambah jika melihat performa Liverpool seperti sekarang ini. Chelsea saat ini masih memegang rekor tak terkalahkan terpanjang ketika bermain dikandang utamanya dalam kancah Liga Inggris. The Blues pernah mencatatkan rekor fantastis dengan tidak pernah kalah dalam 86 pertandingan ketika bermain dikandang, tepatnya pada medio 2004 hingga 2008.

Kemenangan Liverpool atas Wolves juga menyempurnakan laga ke 100 van Dijk bersama Liverpool sejak diboyong dari Southampton pada Januari 2018. Virgil van Dijk pun mengaku sangat bangga dengan pencapaiannya tersebut, ia pun bertekad melanjutkan konsistensinya. "Dari debut saya sampai sekarang, saya telah memainkan banyak pertandingan dan saya sangat bangga karena saya selalu fit," ujarnya.

"Sebagian besar permainan saya berada di level konsisten juga jadi saya senang dengan hal tersebut. "Jadi sekarang saya begitu menikmati perjalanan ini dan kita akan melihat dimana itu akan berakhir," pungkas Van Dijk. Selama berkostum Liverpool, van Dijk telah mempersembahkan tiga gelar juara antara lain Liga Champions, Piala Super Eropa hingga Piala Dunia Antar Klub.

Kemenangan Manchester City atas Sheffield United menjadi momen special khususnya bagi sang pelatih, Pep Guardiola. Hal ini dikarenakan, raihan kemenangan The Citizen tersebut membuat Guardiola telah menorehkan 100 kemenangan di Liga Inggris selama menangani Manchester City. Tidak hanya itu saja, Pep Guardiola tercatat sebagai pelatih tercepat dalam sepanjang sejarah yang mencapai 100 kemenangan.

Total 134 pertandingan yang dibutuhkan oleh Guardiola untuk mencatatkan kemenangan ke 100 bersama Manchester City. Dibalik performa inkonsistensi yang masih ditunjukkan oleh Manchester United musim ini, ada satu hal yang patut disyukuri yakni cukup tajamnya lini serang tim Setan Merah. Marcus Rashford dan Anthony Martial menjadi dua aktor dibalik gacornya lini serang Manchester United musim ini.

Sejauh ini, keduanya total telah menorehkan 26 gol dan 8 assist bersama tim asuhan Ole Gunnars Solskjaer. Rinciannya yakni Marcus Rashford telah mencetak 16 gol dan 5 assist sejauh ini. Sedangkan, Anthony Martial sudah berkontribusi dengan torehan gol sebanyak 10 disertai 3 assist.

Misi Liverpool untuk menyamai catatan rekor Invicible yang pernah ditorehkan oleh Arsenal masih berlanjut. Bahkan berdasarkan catatan statistik Coral, performa Liverpool saat ini jauh lebih baik dengan Arsenal saat meraih gelar juara dengan tanpa terkalahkan. Saat ini, Liverpool telah berada di puncak klasemen dengan koleksi 55 poin.

Torehan 18 kemenangan dan 1 hasil imbang menjadi catatan impresifnya penampilan Liverpool sejauh ini. Dari rasio gol, Liverpool kini telah mencetak gol sebanyak 47 dan kebobolan sebanyak 14 gol. Sedangkan, Arsenal saat meraih gelar juara tanpa terkalahkan pada tahun 2004 berada diposisi kedua saat liga memasuki pekan ke 19.

Torehan 13 kemenangan dan 6 hasil imbang menjadi pencapaian Arsenal saat itu. Dari rasio gol juga, Arsenal hanya mampu total mencetak 35 gol dan kebobolan lebih sedikit yakni 12 gol. West Ham United secara resmi telah memecat Manuel Pellegrini dari jabatannya sebagai pelatih utama.

Pemecatan tersebut didasarkan atas rentetan hasil buruk yang diraih oleh West Ham United dalam beberapa pertandingan terakhirnya. Teranyar, West Ham United harus tumbang di tangan Leicester City di kandang sendiri. Kekalahan tersebut membuat posisi West Ham United melorot ke posisi 17 di klasemen sementara Liga Inggris.

Torehan 5 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 10 kekalahan menjadi bukti performa kurang mengesankan West Ham United sejauh ini ditangan Manuel Pellegrini. "West Ham United mengkonfrimasi Manuel Pellegrini telah meninggalkan klub," demikianlah rilis klub melalui laman resminya. Pihak manajemen mengaku sangat berat membuat keputusan tersebut karena Pellegrini sebenarnya merupakan pelatih hebat.

"Sangat mengecewakan bahwa kami harus membuat keputusan ini, Manuel adalah seorang pria terhormat dan telah menjadi kesenangan bagi kami bisa bekerja dengan orang sekaliber dia," ujar Sullivan mewakili pihak klub. "Namun menjadi jelas bahwa kami perlu perubahan untuk mengembalikan klub ke jalur yang sejalan dengan ambisi kami di musim ini," tambahnya. Pihak klub pun berharap Pellegrini bisa meraih kesuksesan ditempat lainnya.

Sebagai gantinya, West Ham United telah menunjuk David Moyes sebagai suksesor Manuel Pellegrini. 0 Bournemouth Southampton 1 1 Crystal Palace

Newcastle 1 2 0 Aston Villa Norwich City 2 2 Tottenham

West Ham 1 2 Burnley 0 2 Arsenal 1 2

0 Wolves 0 Sheffield United

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *