LIVERPOOL mengawali Liga Primer musim ini dengan kemenangan susah payah 4 3 atas Leeds United(12/9). Sejumlah kesalahan mendasar dilakukan lini tengah, dan lini belakang hingga juara bertahankerepotan melawan tim promosi. Untungnya, Liverpool kemudian kedatangan Thiago Alcantara.

Dan mantan gelandang BayernMuenchen ini langsung memberikan efek instan dalam debutnya saat Liverpool menekuk Chelsea 2 0(20/9) lalu. Thiago baru masuk di menit ke 45 menggantikan Jordan Henderson yang cedera saat skor masih 0 0. Dan ia langsung memberikan efek instan yang menghidupkan dinamika The Reds di lini tengah.

Meskihanya main 45 menit, gelandang asal Brasil ini menorehkan catatan umpan terbanyak, 75 kali,mengalahkan para pemain lain dari kedua kubu. Pelatih Liverpool, Juergen Klopp kemungkinan besar menurunkan lagi Thiago sebagai starter kontraArsenal dalam pekan ketiga Liga Primer di Stadion Anfield, Selasa (29/9) dini hari nanti. Pemain asalBrasil berusia 28 tahun ini diharapkan bisa kembali memberikan efek instan berupa gelontoran umpanterobosan, dan akurat, yang tak terlihat dalam duel dengan The Gunners terdahulu.

Dikutip dari AS, dalam duel terakhir di Liga Primer di Stadion Emirates (15/7/20) lalu, Liverpool mendominasi penguasaan bola sampai 69%. Namun mereka kesulitan menerobos ketatnya pertahanantim asuhan Mikel Arteta hingga akhirnya The Reds harus takluk 1 2. Thiago dengan kreativitas, dan agresivitasnya diharapkan bisa jadi pembeda untuk Liverpool di laga dinihari nanti.

Namun, kubu The Gunners akan tampil lebih percaya diri lagi, bermodal hasil bagus kontra Liverpooldalam dua pertemuan terakhir. Setelah menang 2 1 di Liga Primer, tim Meriam London ini kembalimengalahkan Liverpool di ajang Community Shield, kali ini lewat adu penalti setelah imbang 1 1 di waktunormal. Dalam dua laga terdahulu, Arteta memasang dua wing back yang terbukti bisa meredam agresivitas duafull back Liverpool, Andy Robertson, dan Trent Alexander Arnold yang biasanya suka membukaserangan lewat tusukan dari sayap.

Hanya saja, Arsenal kerap disulitkan dengan aksi individu Roberto Firmino. Penyerang asal Brasil initelah mencetak delapan gol, dan tiga assists dalam sepuluh laga terakhir kontra The Gunners. Tim dari London ini berharap bisa melanjutkan langkah awal mulus mereka setelah sebelumnya menggebuk Fulham, dan West Ham. Kemenangan Arsenal malam ini akan menjadi tiga kemenangan beruntun pertama mereka di awal Ligasejak musim 2004/05 saat adi runner up.

Namun, untuk bisa menang di Anfield, skuat Arteta benar benar harus dalam dalam kondisi sempurna. Liverpool selama ini begitu perkasa di kandang. Mereka belum pernah kalah di sana dalam 60 lagaterakhir di Liga Primer. Terakhir mereka kalah adalah pada 2017 di tangan Crystal Palace.Kedua pelatih sama sama memuji lawannya di big match ini.

"Dalam waktu singkat Mikel Arteta telahmenunjukkan diri sebagai pelatih yang istimewa. Struktur tim luar biasa, keseimbangan mereka jugasangat bagus," kata Klopp. "Saya bisa mengatakan banyak hal positif tentang Arsenal. Namun, apapun itu saya pikir kami punyakesempatan untuk menang malam ini," ujar pelatih asal Jerman ini. Sedang Arteta menilai Liverpool adalah tim yang sangat konsisten. "Mereka bisa mendominasi permainan dalam jangka waktu yang lama. Mereka bisa membuat lawan sulit berkutik," katanya.

Tapi, kata Arteta lagi, timnya selama ini terbukti berhasil menyiasati strategi Klopp. "Kuncinya adalah,saat kamu punya kesempatan sekecil apapun, kamu harus bisa memanfaatkannya jadi gol. Itu yangharus kita lakukan," kata Arteta menandaskan. Menariknya lagi adalah, tiga hari setelah duel di Liga Primer ini, Arsenal akan kembali menyambangiAnfield untuk laga babak keempat Piala Liga Inggris.

Stadion Anfield, LiverpoolSelasa (29/9) dini hari Alisson; Alexander Arnold, Van Dijk, Fabinho, Robertson; Thiago, Wijnaldum, Keita; Salah, Firmino, Mane Leno; Luiz, Magalhaes, Tierney; Bellerin, Xhaka, Ceballos, Saka; Willian, Lacazette, Aubameyang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *