Harga mobil baru di Jepang saat masa pandemi corona menjadi lebih murah. "Pada Juni 2020, Toyota mengguncang industri dengan Harrier baru, yang harganya lebih dari 300.000 yen lebih rendah dari model pendahulunya, RAV4 PHV, dan jauh lebih fungsional daripada PHEV yang ada tetapi harganya sama," ungkap pengamat mobil, Mitsuhiro Kunizawa, Jumat (22/5/2020). Menurutnya, harga mobil di masa pandemi corona dewasa ini malah turun sebagai upaya mendobrak minat orang membeli kembali mobil mobil baru yang dikeluarkan setiap produsen.

Dampaknya, ada sedikit peningkatan pembelian dengan harga sekitar 3 jutaan yen per mobil mewah. Mobil Harrier hybrid yang baru misalnya diperkirakan akan dijual bulan depan dengan harga sekitar 4,3 juta yen atau sekitar Rp 594 juta. Sedangkan pendahulunya RAV4 PHV dijual dengan harga sekitar 4,6 juta yen atau kisaran Rp 635,5 juta.

Kunizawa juga mempertanyakan apakah harga mobil yang dianggap "murah" akan bercitra mobil yang kurang baik di Jepang? Kenyataannya, harga mobil baru dan bagus saat ini malah semakin turun dan kualitasnya juga sangat baik. Begitulah Jepang, negara dengan lokasi pabrik utama pembuatan mobil dunia baik Toyota, Nissan, Mazda, Honda dan sebagainya.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *