PemprovDKI Jakarta berkeinginan untuk tetap memberdayakan para musisi kafe di masa PSBB transisi. Pemberdayaan itu ditujukan untuk menunjang aktivitas ekonomi mereka yang sempat lumpuh. Diketahui para tenaga kerja harian termasuk musisi kehilangan lapangan pekerjaannya akibat pandemi virus corona atau Covid 19.

Terlebih, penyelenggaraan kegiatan musik hidup atau pub masih belum diizinkan beroperasi sampai saat ini. Melalui surat bernomor 2015/ 1.858.2, Kepala Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengimbau para pelaku usaha restoran, rumah makan maupun kafe tetap memberdayakan para musisi. Pemprov DKI Jakarta memberi sejumlah cara untuk pemberdayaan para musisi.

Di antaranya pelaku usaha tempat makan bisa tetap menampilkan musisi atau band di tempat usahanya melalui tayangan monitor TV, screen dan LED dari video performance yang sudah direkam sebelumnya. Adapun cara lainnya yaitu mempertunjukan penampilan musisi band lewat live streaming atau virtual live band. Kebijakan pemberdayaan ini diharapkan bisa segera direalisasi oleh para pelaku usaha tempat makan demi membantu perekonomian para musisi di DKI Jakarta.

"Kami berharap hal ini dapat direalisasikan di tempat usaha saudara guna membantu perekonomian dari para musisi/band di DKI Jakarta," pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *