Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi baru saja diangkat sebagai Juru Bicara (Jubir) Kementerian Perdagangan (Kemendag). Pengangkatan ini dilakukan secara langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Berada di lingkaran Kemendag bukan merupakan hal baru bagi Fithra, karena sebelumnya ia telah dipercaya untuk menempati jabatan sebagai Tenaga Ahli Mendag.

Fithra pun mengatakan bahwa pengangkatan dirinya sebagai Jubir Kemendag, berdasar pada Surat Keputusan (SK) Mendag, yakni sejak 10 November 2020. "Kemendag menunjuk saya menjadi Jubir untuk meningkatkan komunikasi publik, mengingat tugas Kemendag yang memang sangat luas," kata Fithra. Dilansir dari laman resmi Universitas Indonesia, Jumat (13/11/2020), ia mengambil gelar Sarjana Ekonominya di kampus tersebut.

Lalu untuk mendapatkan gelar master, Fithra pun melanjutkan pendidikannya di salah satu universitas di Jepang, Keio University. Selanjutnya, ia juga mengambil gelar doktoralnya di Jepang, tepatnya di Waseda University. Selain berkarier di lingkungan Kemendag, Fithra saat ini juga bekerja sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

Ia juga memiliki sederet pengalaman sebagai peneliti, yakni menjadi Peneliti di Asian Development Bank Institute (ADBI) serta Peneliti Senior Dewan Ekonomi Nasional yang memiliki fungsi memberikan masukan bagi Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2012 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *