Berikut materi hingga pembahasan jawaban soalberapa volume susu dalam kaleng, program Belajar dari Rumah TVRI jenjang SD Kelas 4 6, Jumat (15/5/2020). Soal tersebut, termasuk dalam materiGemar Matematika: Volume Bangun Ruang. Peserta Belajar dari Rumah diberikan pembelajaran tentangmengukur volume bangun ruang, yakni kubus, balok, prisma segitiga, dan tabung.

Setelah pembelajaran,peserta diberikan pertanyaan untuk dikerjakan. Lalu, apa saja materi hingga pembahasan jawaban soalnya? Peserta Belajar dari Rumah akan belajar bersama Pak Ridwan tentang Gemar Matematika: Volume Bangun Ruang.

Di mana, pembelajaran tersebut menyangkut volume bangun ruang, yakni kubus, balok, prisma segitiga, dan tabung. Sebuah penampungan air berukuran panjang 120 cm, lebar ¾ m, dan tinggi 80 cm. Di dalam bak masih terdapat air? bagian. Bak tersebut akan diisi air sampai penuh. Berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh? Ayah membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga, dengan ukuran panjang alas 45 cm, tinggi alas 40 cm, dan tinggi prisma 65 cm. Berapa liter volume akuarium tersebut?

Ibu membeli susu kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 17 cm. Di dalam kaleng tersebut terdapat ruang rongga 3 cm dari tutup atasnya. Berapa volume susu dalam kaleng tersebut? Diketahui: Panjang = 120 cm

Lebar = 3/4 cm = 75 cm Tinggi = 80 cm Isi air di bak = 1/3 bagian

Ditanyakan: berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh? Cara mengerjakan: Rumus volume balok = p x l x t

Volume penampung air = 120 cm x 75 cm x 80 cm Volume penampung air = 720.000 cm³= 720 dm3 = 720 liter Air yang diperlukan untuk mengisi bak

=2/3 x 720 480 liter Jadi air yang diperlukan untuk mengisi bak sampai penuh adalah 480 liter

Diketahui: Panjang alas Akuarium = 45 cm Tinggi alas Akuarium = 40 cm

Tinggi prisma = 65 cm Ditanyakan: berapa liter volume akuarium tersebut? Cara mengerjakan:

Rumus volume prisma segitiga = Luas alas x tinggi Volume = ½ x 45 x 40 x 65 Volume = 58.500 cm3= 58,5 liter

Jadi volume akuarium adalah 58,5 liter Diketahui: Diameter kaleng = 14 cm

Jari jari (r) = 14 cm : 2 = 7 cm Tinggi = 17 cm Rongga dalam kaleng= 3 cm

Tinggi isi susu= 17 – 3 = 14 cm Ditanyakan: berapa susu dalam kaleng tersebut? Cara mengerjakan:

Rumus volume tabung = luas alas x tinggi Volume susu = π × r² × t 22/7 x 7 cm x 7 cm x 14 cm

2.156 cm³ Jadi volume susu dalam kaleng tersebut adalah 2.156 cm³ Materi PAUD dan sederajat

Jalan Sesama : Berputar dan Terus Berputar Materi SD Kelas 1 3 dan sederajat Belajar Menyimak

Materi SD Kelas 4 6 dan sederajat Gemar Matematika : Volume Bangun Ruang Materi SMP dan sederajat

Pesona Dibalik Eceng Gondok Materi SMA dan sederajat Pembelajaran Usaha Kaus Tie Dye dan Furnitur

Materi Keluarga Indonesia Ragam Orang Tua Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. 1. Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, dan orang tua. 2. Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif.

3. Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, menambah ilmu pengasuhan anak. 4. Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan. 5. Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film film terbaik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *