Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perlunya evaluasi terhadap daerah yang tidak memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pasalnya, 7 dari 3 provinsi dengan kasus penyebaran virus corona (Covid 19) terbanyak merupakan daerah yang tidak menerapkan PSBB atau non PSBB. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait evalauasi pelaksanaan penerapan pembatasa sosial berskala besar (PSBB), melalui video conference yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/5/2020).

"Kita juga evaluasi, baik provinsi kabupaten kota yang tidak memperlakukan PSBB, tetapi juga menjalankan kebijakan physical distancing, menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan masyarakat sehari hari," kata Jokowi. Jokowi menambahkan, daerah yang non PSBB dan yang menerapkan PSBB harus dilihat perbandingan grafik penyebaran corona. Tentunya, kebijakan yang diterapkan memang disesuaikan dengan daerah masing masing.

"Oleh sebab itu, ini harus diperbandingkan yang PSBB maupun yang non PSBB karena memang ada inovasi inovasi di lapangan dengan menerapkan model kebijakan pembatasan kegiatan di masyarakat disesuaikan dengan konteks di daerah masing masing," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *