Para pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U 19 menjalani swab test pada Jumat (24/7/2020) siang. Tes usap sengaja dilakukan untuk mengetahui kondisi seluruh pemain Timnas Indonesia sebelum mengikuti TC di Stadion Madya, Jakarta, pada Sabtu (25/7/2020). Salah satu penjaga gawang yang dipanggil ke Timnas Indonesia U 19, Ernando Ari Sutaryadi memberikan apresiasi kepada PSSI karena memfasilitasi seluruh pemain dalam melakukan swab test.

Menurut Ernando, sebelum melakukan swab test ini sudah terlebih dahulu menjalani rapid test. Serangkaian tes Covid 19 perlu dilakukan untuk mendeteksi dan mengetahui kondisi seluruh pemain yang dipanggil TC oleh PSSI. "Bersyukur dan terima kasih PSSI dapat memfasilitasi kami untuk swab test dan kemarin dilakukan rapid test," kata Ernando Ari Sutaryadi.

Kiper yang kini memperkuat Persebaya Surabaya itu menilai, dengan adanya tes yang dilakukan membuat para pemain tidak khawatir tertular Covid 19. Sebab, serangkaian tes yang sudah dijalani mampu mendeteksi seluruh kondisi para pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan. "Kita melakukan tes untuk memastikan kondisi kita benar benar fit dan negatif dari virus. Dengan begitu kita bisa merasa makin nyaman dan aman untuk menjalani kegiatan latihan,” tambahnya.

Kiper berusia 18 tahun itu mendapatkan pesan khusus dari tim dokter Timnas Indonesia agar patuh dengan protokoler kesehatan yang telah ditetapkan sebelumnya. Seluruh pemain dituntut disiplin dalam menggunakan masker, mencuci tangan, serta menggunakan hand sanitizer dalam setiap waktu. Imbauan tersebut diberikan tim dokter kepada seluruh pemain yang mengikuti pemusatan latihan kali ini.

"TC kali ini pokoknya kalau mau kemana kemana harus pake masker, cuci tangan dan tadi juga kita udah ngelakuin swab test. Anak anak yang dari Jakarta ga rapid test dulu, tapi di sini mereka tes," tambahnya. Di sisi lain, Ernando berharap dalam TC kali ini bisa menunjukan kemampuan terbaiknya di atas lapangan. Selain itu, pada pelaksanaan TC bisa bersaing secara sehat dan bisa merebut satu tempat di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia U 19.

"Harapannya tentunya dengan pemanggilan kali ini memang banyak pemain baru, tapi persaingannya juga ketat. TC kali ini harus kerja keras lagi supaya bisa dapat tempat terbaik di Timnas U 19," pungkasnya. TC Timnas U 19 Indonesia dipersiapkan untuk menghadapi ajang bergengsi Piala Asia U 19 yang akan berlangsung di Uzbekistan 14 hingga 31 Oktober 2020. Tim yang dinahkodai langsung oleh Shin Tae yong itu tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *