PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) membuka lowongan untuk delapan formasi pada tahun 2020. Lowongan PT KAI ini ditujukan bagi para lulusan SMA sederajat. Berdasarkan informasi yang disampaikan lewatakun Instagram resmi @ keretaapikita , rekruitmen KAI dengan jenjang pendidikan setingkat SLTA telah dibuka.

Ada beberapa posisi yang ditawarkan bagi oleh PT KAI di tahun ini. Mulai dariKondektur, Masinis, Pekerja Operasi Prasarana (PPKA/JRR), Petugas Negative Check Sintelis dan LAA, PPJ, Teknisi Depom, Balai Yasa, serta Teknisi KA. Di antara semua posisi yang ditawarkan, formasi masinis menjadi yang paling menarik.

Pasalnya untuk formasi masinis, baik pria maupun wanita dipersilakan untuk mendaftar. Bagi calon pelamar yang ingin menjadi bagian dari PT KAI, ada beberapa keriteria yang wajib dimiliki. Dilansir dari laman resmi recruitment.kai.id , Kamis (16/1/2020), ada 13 point keriteria pelamar.

1. Warga Negara Indonesia (WNI); 2. Jenis Kelamin Pria/Wanita; 3. Sehat jasmani/rohani;

4. Memiliki ijazah SLTA ( SMA/MA/ SMK/MAK) dengan Nilai Ujian Nasional (UN) rata rata minimal 7,0; 5. Usia pelamar per 1 Februari 2020 serendah rendahnya 18 tahun dan setinggi tingginya 25 tahun; 6. Memiliki tinggi badan :

A. Khusus Pria Formasi Kondektur, Masinis, Pekerja Operasi Prasarana (PPKA/JRR), Operator KPJR, Pelaksana UPT Mekanik JJ dan Pemeliharaan Sarana Teknisi Kereta Api (TKA) minimal 165 cm dengan berat badan ideal; B. Khusus Pria Formasi lainnya yaitu Petugas Negative Check Sintelis, Petugas Negative Check LAA, Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) serta Teknisi Depo dan Balai yasa minimal 160 cm dengan berat badan ideal; C. Khusus Wanita Formasi Masinis minimal 160 cm dengan berat badan ideal.

7. Berpenampilan menarik; 8. Berkelakuan baik; 9. Tidak bertato dan tidak bertindik;

10. Tidak terlibat narkoba atau psikotropika; 11. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap; 12. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin;

13. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun 2020. Selain keriteria, ada juga beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelamar. Adapun persyaratan yang wajib diketahui pelamar ada empat point, di antaranya:

Ijazah SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) asli atau fotocopy legalisir; Nilai Ujian Nasional (SKHUN) asli atau fotocopy legalisir; Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku;

Pas foto terbaru background berwarna biru, menggunakan kemeja putih. Sementara itu, ada delapan formasi yang dibuka oleh PT KAI dalam proses recruitmen kali ini. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria, lulusan SMA/MA (IPA/IPS) atau SMK jurusan Pariwisata.

Tinggi badan minimal pelamar 165 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria dan wanita, lulusan SMA/MA (IPA) atau SMK/MAK jurusan Listrik, Mesin, dan Otomotif.

Tinggi badan minimal pelamar pria adalah 165 cm dan wanita 160 cm, dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamarpria, lulusan SMA/MA (IPA/IPS) atau SMK/MAK jurusan Listrik, Mesin, dan Otomotif.

Tinggi badan minimal pelamar 165 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria, lulusan SMA/MA (IPA/IPS) atau SMK/MAK jurusan Listrik, Mesin, dan Otomotif.

Tinggi badan minimal pelamar 160 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria, lulus dari jurusan SMA/MA (IPA/IPS) atau SMK/MAK (Mesin, Listrik, Teknik Bangunan, dan Teknik Sipil).

Tinggi badan minimal pelamar 160 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria, lulusan SMA/MA (IPA/IPS) atau SMK/MAK jurusan Listrik, Mesin, Teknik Bangunan, dan Teknik Sipil.

Tinggi badan minimal pelamar 165 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria, lulusan SMK/MAK jurusan Mesin, Listrik, Tenaga Listrik, Elektronika, dan Otomotif.

Tinggi badan minimal pelamar 160 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Formasi ini ditujukan bagi pelamar pria, lulusan SMK/MAK jurusan Kontrol Jaringan, Mesin, Listrik, Tenaga Listrik, Elektronika, dan Otomotif.

Tinggi badan minimal pelamar 165 cm dengan berat badan ideal. Adapun syarat dokumennya antara lain identitas KTP, ijazah SLTA, transkrip UN/UAN SLTA. Untuk informasi lengkapnya dapat diakses di laman berikut: klik .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *