Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Intan Fauzi meminta pemerintah terus mendampingi perawatan satu orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terkena virus corona di Singapura. Menurutnya, pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura harus melakukan koordinasi dengan otoritas Singapura, terutama pihak yang berwenang menangani WNI tersebut. "Konstitusi kita menjamin bahwa setiap WNI harus dilindung dan diberijan haknya, termasuk hak mendapatkan pelayanan kesehatan," tuturnya.

Politikus PAN itu pun berpesan ke pemerintah agar merawatnya sampai dinyatakan terbebas dari virus corona, baru dapat diterbangkan ke Indonesia jika yang bersangkutan ingin pulang ke Tanah Air "Dirawat saja dulu di Singapura sampai dinyatakan sehat dan layak terbang dengan pendampingan dari perwakilan pemerintah Indonesia," ucap Intan. Satu orang WNI yang bekerja sebagai buruh migran di Singapura dilaporkan terinfeksi virus corona.

Ia terinfeksi virus corona lantaran tertular dari majikannya yang baru pulang dari Wuhan, China. Pada Selasa, (4/2/2020) Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan, Ministry of Health Singapura sudah mengumumkan kasus coronavirus ke 21 di Singapura, yaitu WNI berusia 44 tahun yang bekerja sebagai pekerja migran. “WNI tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke RRT, namun merupakan pekerja rumah tangga dari warga negara Singapura yang juga telah sebelumnya ditetapkan positif coronavirus. WNI tersebut saat ini ditangani Tim Medis Singapore General Hospital,” demikian pernyataan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *