Indah Kusuma, penyanyi yang juga juga berprofesi sebagai dokter, berbagi cerita tentang merawat pasien di tengah pandemi covid 19. Pelantun lagu 'Be With U' itu saat ini sedang internship bertugas di salah satu puskesmas di Bandung, Jawa Barat. Walaupun bukan tim khusus penanganan covid 19, Indah Kusuma tetap harus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap untuk antisipasi penularan covid 19.

"Sesuai dengan peraturan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahwa kita dilarang menolong kalau gak pakai APD lengkap, jadi aku selalu pakai," ungkap Indah saat webinar, Selasa (19/5/2020). Beruntungnya puskesmas tempat Indah bekerja tidak sampai kekosongan APD karena selalu ada saja yang menyumbang tapi penggunaanya dibatasi. Indah menceritakan berjam jam menggunakan hazmat suit, sarung tangan, masker berlapis, face shield sepatu booth tentunya sangat panas.

"Wahh iya itu panas banget, sesak, dan ya kita pakai gak bisa semena mena supaya gak kekurangan," ucap Indah. Mengekspresikan panasnya menggunakan APD, Indah pun membuat video tik tok dan diunggah di instagramnya @indahkus yang menggambarkan ekspresi ia dan teman temannya setelah mencopot APD, dengan backsound lagu bahasa sunda berjudul Hareudang yang artinya panas. Kemudian pengalaman yang dirasakan Indah seperti ada pasien yang tidak mau jujur terkait gejala penyakit maupun riwayat bepergian yang biasa ditanya ketika seseorang berobat ke dokter.

"Banyak yang takut ngomong jujur karena kita harus tracking kaya detektif tanya ketemu sama siapa, gejalanya apa aja, tapi kita kesulitan karena itu tadi gak mau jujur walaupun banyak juga yang terbuka," kata Indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *