Direktorat Narkoba Polda Bengkulu mengungkap ladang ganja diDesa Lubuk Alai Talang Palembang Kecil, Kec Sindang Beliti Ulu Kab Rejang Lebong. Untuk mengelabui petugas, pelaku menanam ribuan pohon ganja di perkebunan kopi seluas dua hektare. Pengungkapan tanam ganja terjadi Kamis 17 September 2020 sekira pukul 10.30 WIB," ucap Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Sudarno dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

Sudarno menuturkan sementara ini pelaku yang menanam ganja masih diselidiki. Pasalnya saat anggota menemukan ladang ganja itu, tidak ditemukan satu pun penghuni atau penjaganya. "Saat anggota ke ladang itu, di gubuk sama sekali tidak ada penghuninya," ujar Sudarno.

Lebih lanjut, Sudarno menceritakan kronologi pengungkapan, berawal dari informasi masyarakat bahwa di sebuah pondok areal kebun kopi di perbukitan Desa Lubuk Alai dicurigai ada tanaman ganja. Setelah mendapat informasi pada Selasa (15/9/2020) anggota menuju lokasi melewati perbukitan. Hingga menemukan pondok dan areal kebun kopi yang dicurigai sesuai dengan yang dilaporkan oleh masyarakat.

"Ditemukan tanaman ganja tetapi sudah tidak ada penghuninya," kata Sudarno. Setelah dilakukan pencabutan tanaman ganja di ladang, dilakukan juga penggeledahan di pondok. Petugas mendapatkan ganja kering dan sepucuk senjata api rakitan laras panjang yang langsung diamankan.

Berikut sejumlah barang bukti yang ditemukan petugas yakni 1.500 batang ganja, 250 kg ganja kering, satu unit timbangan, satu pucuk senpi rakitan laras panjang dan satu kaleng biji ganja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *