PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, akan menerapkan aturan baru pada lanjutan kompetisi sepak bola Liga 1. Aturan baru yang dibuat PT LIB disesuaikan dengan kondisi terbaru di Indonesia yang tengah menggaungkan new normal atau kehidupan baru di tengah pandemi Covid 19. Khusus untuk pelaksanaan kompetisi Liga 1, PT LIB sudah melakukan penyesuaian terhadap beberapa peraturan serta format pelaksanaan kompetisi Liga 1.

Ada tujuh aturan baru yang mengalami perubahan pada lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi aturan baru tersebut kepada 18 tim kontestan Liga 1 pada saat pelaksanaan manager meeting beberapa waktu lalu. Hasilnya, sebagaian besar tim tim peserta Liga 1 menyambut dengan baik dan menerima segala aturan baru yang dibuat PT LIB.

Alhamdulillah hampir semua bisa didiskusikan dan tanggapan semua cukup positif," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada awak media beberapa waktu lalu. Tak hanya persoalan aturan baru, PT LIB turut memberikan gambaran terkait protokoler kesehatan yang diterapkan pada pelaksanaan kompetisi Liga 1. Sebagian besar tim Liga 1 sangat antusias untuk melanjutkan kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Kami telah informasikan semua dan sebagian besar juga menerima dari apa yang dibahas terutama terkait protokol kesehatan," tambahnya. Sebelum adanya aturan baru ini, PT LIB sudah terlebih dahulu mempunyai regulasi yang sudah diterbitkan kepada tim tim kontestan Liga 1 pada awal musim. Adanya tambahan tujuh aturan baru ini membuat PSSI akan mengesahkan serta bertanggung jawab atas regulasi yang dibuat PT LIB.

Sebab, dalam hal ini PT LIB hanya operator atau pelaksana kompetisi sepak bola di Indonesia. Sedangkan, PSSI merupakan induk sepak bola tertinggi di Tanah Air. Menurut rencana, pelaksanaan kompetisi sepak bola di Indonesia akan dimulai pada 1 Oktober 2020 sampai 28 Februari 2021.

Nantinya, seluruh pertandingan akan berpusat di Pulau Jawa dan pertandingan Liga 1 tidak bisa disaksikan penonton secara langsung di stadion. Berikut tujuh aturan baru yang dibuat PT LIB pada lanjutan kompetisi sepak bola Liga 1: 1. Penghapusan degradasi Liga 1 di akhir musim 2020.

2. Penambahan pergantian pemain menjadi 5 pemain (sesuai amandemen laws of the game 2019/2020). 3. Periode Pendaftaran Pemain Tahap 2 tetap dibuka, namun tidak boleh melakukan Transfer pemain antarklub Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjang pemain dari luar klub Liga 1. 4. Kewajiban memasukkan minimal 2 Pemain U 20 dalam 18 nama di Daftar Susunan Pemain (DSP).

5. Penerapan protokol Kesehatan. 6. Penyesuaian Standar kelayakan venue pertandingan. 7. Klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan Timnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *