– Liga 1 dan Liga 2 2020 akan kembali berlanjut pada Oktober mendatang. Bergulir di tengah pandemi Covid 19 membuat PT LIB dan PSSI menyusun aturan baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Kini PT LIB bersama dengan klub klub Liga 1 dan Liga 2 tengah mematangkan regulasi anyar sebelum bergulir.

Sementara itu, Liga 1 U 20 yang tiap tahun bergulir berbarengan dengan klub Liga 1 senior juga ada penyesuaian. Apalagi klub klub Liga 1 kali ini punya keterbatasan finansial. “Jadi Liga 1 U 20 itu ini masih jadi diskusi kami dengan para klub, karena ada sebagian klub yang juga tidak siap terkait dengan U 20,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno saat ditemui di Kantor PT LIB, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Sudjarno menjelaskan jika dilanjutkan, kompetisi U 20 bakal berubah format dengan menggabungkan tim U 20 dari Liga 2.

PT LIB akan membuka pendaftaran, artinya setiap klub baik Liga 1 dan Liga 2 boleh mengajukan tim U 20 nya yang ikut dalam kompetisi. “Kami juga punya rencana mungkin kalau tahun ini kami akan mengubah formatnya. Jadi saya sudah diskusi dengan manajer kompetisi itu, bisa saja ada klub U 20 dari Liga 2 gitu. Jadi kaya pendaftaran saja, dari klub U 20 Liga 1 dan Liga 2,” jelasnya. Seperti diketahui, Liga 1 yang bergulir pada awal Oktober mendatang akan dipertandingkan di pulau jawa saja dan penghapusan degradasi Liga 1.

Regulasi lain, tim Liga 1 nantinya juga wajib memasukan dua pemain U 20 dalam daftar susunan pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *