Presiden AS Donald Trump bereaksi setelah mendengar pesaingnya memilih sosok calon wakil presiden yang akan melaju dalam pemilu 2020. Trump mengaku terkejut dengan pilihan Biden yang jatuh pada Senator Kamala Harris. Presiden AS itu juga menyebut Kamala Harris bukan pilihan yang baik untuk Biden.

Bahkan Trump mengatakan, Harris “sangat jahat” dan “tak menghormati” Biden. “Dia sangat tidak menghormati Joe Biden dan sulit untuk memilih sosok yang tidak sopan,” katanya. Sebagai catatan, Pocahontas mengacu kepada Senator Elizabeth Warren.

Trump sebelumnya pernah mengejek Senator itu dengan sebutan "Pocahontas". Lebih lanjut, Harris tercatat menjadi perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama mendapat tiket calon wakil presiden dalam dalam sejarah AS. Senator California keturunan India Jamaika itu dinilai paling tepat untuk menghadapi petahana dari Partai Republik, Donald Trump pada Pilpres yang akan dihelat November mendatang.

Dengan isu sosial atas ketidakadilan rasial yang menggoyang AS selama berbulan bulan, Biden berada di bawah tekanan untuk memilih seorang perempuan kulit hitam sebagai pasangannya. Lebih jauh, Harris, senator yang dikenal berpengalaman itu akan diandalkan Biden untuk mendorong perolehan suara dari warga keturunan Afrika Asia Amerika pada saat Pilpres 3 November mendatang. Dalam cuitannya di Twitter Biden menyebut Harris sebagai "seorang pejuang untuk orang kecil yang tak pernah takut, dan salah satu pelayan publik terbaik negara ini."

Harris kemudian menulis di Twitter, Biden bisa "menyatukan rakyat Amerika karena dia menghabiskan hidupnya berjuang untuk kita." Biden dan Harris akan muncul bersama sama pada Rabu (12/8/2020) di sebuah acara di kota kelahirannya di Wilmington, Delaware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *