Tahun baru China atau Imlek tahun ini jatuh pada 25 Januari 2020. Imlek menjadi hari yang spesial bagi masyarakat Tionghoa yang merayakan tahun baru China. Imlek biasanya dirayakan dengan berbagai budaya Tionghoa, begitu juga dengan makanan yang disajikan.

Makanan khas untuk menyambut tahun baru Imlek juga spesial dan khas dengan unsur budaya Tionghoa. Selain kue keranjang, ada makanan yang kerap hadir saatImlek, yaitu Lapis Legit. Dilansir dari , makanan dan camilan khas Imlek ini dianggap membawa hoki dan keberuntungan jika dihidangkan kepada tamu saat perayaan Imlek.

Kue lapis legit memiliki bentuk berlapis lapis , dianggap menjadi sebuah simbol rezeki. Diharapkan dengan dihidangkannya kue ini dapat membawa keberuntungan dan rezeki dalam kehidupan yang berlapis lapis. Rasa kue ini adalah manis dan legit dipercaya akan membuat hidup orang yang memakannya menjadi lebih manis.

Dilansir dari , kue ini menjadi kue unggulan Indonesia di mata dunia, karena lekat dengan budaya Indonesia. Kue lapis legit awalnya dikombinasikan dari resep bolu dari penjajah dengan rempah rempah khas Indonesia. Kue lapis legit kira kira ada 18 atau lebih lapisan dalam 1 potong kue lapis legit.

Umumnya lapis legit ini dimasak dengan oven atau kukus. Jika Anda tidak memiliki oven, Anda masih bisa memasak kue lapis legit. Dikutip dari , simak inilah resep bahan dan cara pembuatan kue lapis legit tanpa menggunakan oven:

200 gram margarin 1/2 sendok makan kental manis 40 gram susu bubuk

Butir telur 200 gram gula pasir Sendok makan emulsifier (tbm/sp)

200 gram tepung terigu protein sedang 1/2 sendok teh baking powder 1/2 sendok teh esens vanila

1/2 sendok makan cokelat bubuk Sendok makan bumbu spekuk 1. Kocok margarin sampai lembut.

2. Tambahkan susu kental manis, kemudian kocok hingga rata, kemudian sisihkan. 3. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. 4. Kemudian masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.

5. Kemudian tambahkan esens vanila dan aduk merata. 6. Selanjutnya tuang sedikit demi sedikit ke kocokan mentega sambil diaduk perlahan. 7. Ambil 75 gram adonan, kemudian ratakan di loyang 20x20x7 cm yang diberi alas kertas roti tanpa dioles margarin.

8. Kemdudian ayak tipis bahan taburan yang sudah di siapkan. 9. Kukus 5 menit di atas api sedang 10. Kemudian tuang lagi 75 gram adonanm, kemudian ayak tipis lagi bahan taburan dan kukus 5 menit sampai matang.

11. Lakukan sampai adonan habis, dan sesuai dengan lapisan yang Anda inginkan, dan untuk lapisan terakhir dituang, kukus 10 menit sampai matang. Pembuatan kue ini kira kira membutuhkan waktu yang cukup lama dan resep ini menghasilkan 30 potong kue lapis legit. Proses pembuatan kue lapis legit ini memang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Dilansir dari , kue lapis legit dikenal juga dengan sebutan spekuk, yang dalam bahasa Belanda disebut spekkoek. Camilan yang merupakan satu jenis kue basah di Indonesia ini dikembangkan pada masa kolonial Belanda dan terinspirasi dari kue lapis Eropa. Namun resep ini dikenal dari resep masyarakat etnis Tionghoa lainnya.

Anda bisa mengkreasikan kue lapis legit ini dalam berbagai bentuk lapisan sesuai dengan keinginanmu. Inilah sebabnya kue lapis juga banyak disajikan pada perayaan Imlek maupun perayaan masyarakat Tiongkok lainnya. Itu tadi adalah sejarah dan cara membuat kue lapi legit tanpa menggunakan oven.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *