Sebuah video viral menunjukkan deretan rak di sebuah supermarket di Brasil runtuh dengan efek domino. Rak rak berisi barang dagangan itu sangat tinggi menjulang. Entah bagaimana awalnya, rak di ujung tiba tiba ambruk ke arah rak di sampinya dan begitu seterusnya.

Mirisnya insiden ini membunuh seorang pekerja supermarket tersebut. Dilansir , delapan orang termasuk karyawan dan pelanggan terluka dalam kecekaan itu. Diketahui insiden mengerikan tersebut terjadi pada Jumat (2/10/2020) malam waktu setempat, di Supermarket Mix Mateus Atacarejo di São Luís, Brasil utara.

Korban tewas diidentifikasi sebagai Elane de Oliveira Rodrigues, wanita berusia 21 tahun. Dia baru bekerja di supermarket itu selama tiga bulan, dan meninggal setelah tubuhnya tertimpa barang barang yang berjatuhan dari rak. Enam orang lainnya yang berada di lokasi yang sama mengalami luka luka dan berhasil diselamatkan petugas darurat.

Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit dan dikabarkan sudah keluar dari sana. Beruntung dua korban lainnya yang berhasil diselamatkan orang di TKP hanya mengalami luka lecet dan luka ringan. Supermarket itu runtuh di waktu padat pembeli.

Tepat sebelum insiden terjadi, saat itu pukul 20.15 waktu setempat dan supermarket penuh dengan orang. CCTV menangkap momen ketika rak tinggi berisi barang di sebelah kanan (dilihat dari layar kamera CCTV) mulai ambruk. Kemudian berimbas pada sebelahnya hingga menyebabkan efek domino pada rak lain, dimana rak tersebut berisi tumpukan barang yang besar.

Karyawan supermarket dan pelanggan di kasir sejenak terkejut dengan suara gemuruh dari arah rak barang. Sekejap kemudian mereka saling teriak dan berlarian panik, ingin melarikan diri tepat saat rak saling jatuh bertumpukan. Ketika kondisi mulai tenang, orang orang kembali masuk ke dalam supermarket.

Terdengar teriakan orang yang terjebak di antara reruntuhan barang. Rekaman amatir menunjukkan tumpukan besar makanan dan produk jualan lainnya bercampur dengan puing puing rak besi tersebut. Seorang pria nampak menggendong anak kecil yang terjebak dalam reruntuhan.

Terdengar juga tangisan wanita di balik video, yang merasa tidak percaya dengan hal yang dia rekam saat itu. Para saksi mata saling gotong royong mengangkat tumpukan barang toko yang rusak. Sebuah video menunjukkan barisan orang yang saling oper barang untuk mempercepat evakuasi di dalam supermarket.

"Jangan pernah kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan! Orang orang yang membantu mengeluarkan sesuatu untuk menemukan orang orang di bawah," kata Neto Verdelho, menerangkan isi videonya itu. Tim petugas pemadam kebakaran, polisi, dan ambulans (SAMU) langsung merespon ke lokasi kejadian. Pencarian korban berlanjut sepanjang malam oleh tim penyelamat, dengan berteriak berharap korban yang masih tertimbun bisa menjawab mereka.

Operasi penyelamatan berlangsung lebih dari 11 jam dan melibatkan lebih dari 270 petugas pemadam kebakaran. Pencarian secara resmi berakhir pada Sabtu pagi, waktu setempat. "(Elane) sangat senang dengan pekerjaan barunya karena dia baru saja mulai bekerja sebagai penumpuk rak untuk perusahaan tiga bulan lalu." "Foto terakhir yang dia ambil dari dirinya sendiri di telepon, dengan kaos kerja birunya, ada di lantai toko," kata sepupu Elane, Ruan Alysso.

Elane merupakan karyawan yang meninggal tertimbun barang supermarket. Mateus Group, pemilik jaringan supermarket tebesar di kota itu mengaku menyesali insiden tersebut. Pihaknya meminta petugas menyisir supermarket untuk menyelamatkan korban yang masih terjebak.

"Dengan sangat menyesal Grup Mateus (bergabung dalam) solidaritas dengan keluarga Elane de Oliveira Rodrigues yang, sayangnya, meninggal dalam kecelakaan itu," pernyataan ritel supermarket itu. Belum ada informasi penyebab ambruknya rak, namun ada dugaan kecelakaan yang melibatkan truk forklif bisa menyebabkan salah satu gondola jatuh yang berujung pada tragedi tersebut. Investigasi penuh telah diluncurkan oleh petugas kesehatan dan keselamatan serta polisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *