Sekawanan monyet menyambar sampel darah yang diduga miliki pasien virus corona di rumah sakit pemerintah di distrik Meerut, negara bagian Uttar Pradesh di India utara. Dr. Dheeraj Baliyan, kepala bagian medis dari Lala Lajpat Rai Memorial Medical College and Hospital, memberikan keterangan kepada kepada . Baliyan mengatakan, insiden itu terjadi pada Kamis (28/5/2020), ketika seorang asisten lab yang bekerja di fasilitas Covid 19 rumah sakit membawa sampel darah yang akan diuji.

"Monyet menyerang asisten lab dan mencuri kotak sampel yang berisi tiga sampel," ungkap Baliyan. Lebih jauh, SK Garg, Kepala Rumah Sakit, mengatakan kepada kantor berita setempat, sampelnya yang disambar monyet itu merupakan sampel darah. Ia menambahkan, sampel itu bukan penyeka (swab) yang biasanya diambil untuk menguji Covid 19.

Garg mengatakan, sampel tersebut adalah milik orang yang dites positif Covid 19, tetapi diambil sebagai bagian dari tes darah rutin untuk pasien. Lebih lanjut, Baliyan mengatakan, monyet memanjat pohon dengan sampel dan melemparkannya setelah mengunyah paket. Pengawas medis mengkonfirmasi kepada CNN bahwa tidak ada individu yang melakukan kontak dengan sampel itu.

Pihak otoritas rumah sakit juga telah membersihkan area dan membuang sampel yang diambil oleh monyet. Secara terpisah, administrasi distrik memerintahkan penyelidikan terhadap otoritas rumah sakit atas dugaan kesalahan penanganan sampel. Lebih lanjut, meski virus corona tercatat pertama kali di Wuhan, China, tapi kini Amerika Serikat (AS) menjadi urutan pertama yang memiliki jumlah kasus infeksi terbanyak di dunia.

Menurut data terbaru di worldometers.info, total kasus virus corona di India mencapai 181.827 infeksi yang dikonfirmasi. Pada hari ini, India mencatat 8.336 kasus baru, dengan 5.185 kematian yang dilaporkan. Total pasien sembuh di India mencapai 86.936 orang.

India menempati peringkat ke 9 secara global. Sebagai catatan, AS telah menembus angka 1.816.601pasien. Dengan angka tersebut, AS menempati posisi pertama total kasus secara global.

Sementara, total kematian di AS mencapai 105.551 jiwa dan pasien sembuh ada 105.551 orang. AS hari ini melaporkan 23.071 infeksi baru. Brasil ada dii posisi ke 2 dunia mengonfirmasi infeksi virus corona sebanyak 498.440 jiwa, hari ini melaporkan 30.102 kasus baru.

Jumlah infeksi virus corona di Rusia hari ini mencapai 396.575 kasus, dengan mencatat 8.952 kasus baru. Kemudian di peringkat ke 5, Inggris melaporkan 272.826 infeksi yang dikonfirmasi, setelah mencatat 1.604 infeksi baru. Lebih jauh, China yang merupakan pusat wabah virus corona pertama kali dideteksi, berada di posisi ke 17 dengan total 82.999 orang telah terinfeksi.

Setidaknya ada 213 negara atau kawasan yang terinfeksi virus corona, ditambah dua kasus dari kapal pesiar, yakni Diamond Princess dan MS Zaandam. Adapun virus corona kini telah menjangkiti setidaknya 6.150.262 orang di dunia. Warga yang dinyatakan sembuh sebanyak 2,729.955 pasien, sedangkan 370.500 orang dinyatakan meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *