Siap Angkut Penumpang saat New Normal, Grab Luncurkan Teknologi GrabProtect

Menyambut new normal atau kenormalan baru, Grab meluncurkan teknologi GrabProtect. GrabProtect sendiri merupakan layanan terbaru dari Grab, dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan serta aturan kemanan yang menjadi standar di industri ride hailing. Regional Head of Operations Grab, Russell Cohen mengatakan fokus utama Grab saat ini merupakan meningkatkan kebersihan dan kemanan untuk penumpang dan mitra pengemudi.

"Dengan GrabProtect ini, kami mendorong perilaku bersih yang lebih baik bersama dengan mitra pengemudi saat membawa penumpang," kata Russel, Rabu (3/6/2020). Berikut beberapa langkah dan teknologi GrabProtect saat membawa penumpang, saat fase new normal: Grab akan meluncurkan dua fitur in app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online, serta fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar Grab mulai akhir Juni.

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala Covid 19. "Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie, setelah melengkapi formulir deklarasi," kata Russel. "Kami mendistribusikan lebih dari 250.000 peralatan kebersihan kepada mitra pengemudi di seluruh kawasan Asia Tenggara," ucap Russel.

Menurut Russel, sebagai bagian dari program kebersihan GrabProtect di Indonesia, Grab telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi. "Selain itu kami juga akan memasang partisi plastik dan mendistribusikan lebih dari 10.000 peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, disinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect selama sebulan mendatang. "Dalam beberapa minggu kedepan, Grab juga menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan ini kepada lebih dari 8.000 kendaraan GrabBike," lanjutnya.

Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platform Grab. "Kebijakan yang sama akan berlaku untuk penumpang di negara yang mewajibkan penggunaan masker di area publik," kata Russell. Russel mengungkapkan, apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *