Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri dilakukan melalui LTMPT. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dibukasejak Jumat (14/2/2020) pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, pada tanggal 15 Januari 2020 hingga 10 Februari 2020 telah terjadi pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) dan pemeringkatan oleh sekolah.

Sementara pengumuman hasil pemeringkatan telah diumumkan pada 20 Januari 2020 lalu. Setelah memiliki akun, peserta SNMPTN bisa mulai mendaftar yang proses pendaftaran. Dikutip dari tanggal20 Februari 2020, pada laman LTMPT tercatat ada 581.062 siswa dari berbagai sekolah yang bisa mengikuti SNMPTN ini.

Sementara siswa yang sudah login dan belum mendaftar ada 139.527 siswa. Sementara jumlah siswa yang sudah mendaftar ada227.248 siswa dan ada 166.438 siswa sudah melakukan finalisasi. Siswa yang sudah mendaftar dan mengisi KIP/KKS hanya berjumlah16.541 siswa.

Proses pendafataran akan dinyatakan selesai apabila siswa sudah melakukan finalisasi. Dikatakan sudah melewati tahap finalisasi bila sudah menyelesaikan tahap hingga cetak kartu peserta. Siswa yang sudah menyelesaikan tahap hingga cetak kartu, tidak bisa lagi melakukan perubahan data dengan alasan apapun.

Maka dihimbau untuk semua siswa agar segera melakukan pendaftaran SNMPTN 2020. Batas terakhir SNMPTN ini akan berakhir pada tanggal 27 Februari 2020, pukul 23.59 WIB. Baru saja menyampiakan siaran pers yang berisi tentang pengumuman pendaftaran SNMPTN bagi Penerima KIP Kuliah.

Sesuai dengan siaran pers dari biro kerja sama dan hubungan masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 25/Sipres/A6/II/2020, tentang Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah, disampaikan beberapa informasi. Disampaikan bahwa keluarga yang tidak mampu dipersilahkan untuk mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah di laman Pendaftaran untuk mendapatkan KIP Kuliah ini dijadwalkan dilaksanakan dari mulai awal Maret hingga 31 Maret 2020.

Sementara calon mahasiswa yang sudah mendapatkan KIP Kuliah dimohon untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2020. Seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya bahwa pendaftaran SNMPTN dimulai sejak 14 Februari 2020 hingga 27 Februari 2020. Kesempatan untuk melakukan tahap finalisasi diberikan hingga pada akhir Maret 2020.

Nantinya setelah pendaftaran KIP Kuliah berakhir, panitia akan melakukan kegiatan sinkronisasi data antara pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan data penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah jika sudah melakukan tahap finalisasi, jika ada peserta yang tidak melakukan finalisasi, peserta tidak akan dianggap mendaftar SNMPTN. Program KIP ini diluncurkan Presiden Joko Widodo sebagai bukti kehadiran bantuan warga dalam hal pendidikan.

Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah menargetkan 818.000 mahasiswa untuk menerima KIP Kuliah pada tahun 2020. Dalam pendaftaran SNMPTN ini terdapat tata cara, ketentuan, sanksi dan jadwal pengumuman. Berikut ini informasi mengenai tata pendaftaran SNMPTN 2020 hingga jadwal pengumumannya:

Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT untuk melakukan pendaftaran. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman , siswa diwajibkanmencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN ini sudah bisa dilakukan mulai sejak Jumat, 14 Februari 2020 hingga 27 Februari 2020. Berdasarkan siaran pers yang disampaikan di website , Siswa yang dinyatakan eligible dimohon memperhatikan kerangka waktu pendaftaran SNMPTN. Dikutip dari yang disampaikan oleh LTMPT, berikut ini adalah

1. Siswa harus melakukan login melalui portal di menggunakan akun yang dibuat sebelumnya. 2. Kemudian siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN. 3. Setelah itu siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi.

Siswa diberikan kesempatan paling banyak memilih 2 program studi. Siswa bisa memilih 2 program studi dalam 1 PTN atau memilih masing masing 1 program studi dari 2 PTN, alternatif terakhirnya siswa hanya memilih 1 program studi pada 1 PTN. 4. Khusus siswa yang memilih program studi seni dan olahraga, harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya.

Template portofolio pengunggahan dokumen terdapat di laman pendaftaran SNMPTN. 5. Bagi siswa yang memiliki prestasi tambahan, siswa bisa mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki. 6. Kemudian siswa diwajibkan melengkapi isian data diri, identitas orang tua dan data ekonomi keluarga.

7. Jika diperlukan siswa juga mengisi data ketuaan. 8. Siswa yang diminta untuk menyetujui pernyataan keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (v) pada kolom yang tersedia. 9. Siswa yang sudah melakukan finalisasi pendaftaran, kemudian melanjutkan tahap dengan mencetak kartu tanda peserta sebagai bukti peserta SNMPTN 2020.

10. Jika siswa sudah melakukan finalisasi dan cetak kartu, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apapun. Pengumuman ini disampaikan oleh ketua LTMPT, Mohammad Nasih melalui siaran pers pada 14 Februari 2020. Pengumuman hasil seleksi SNMPTN dilakukan pada tanggal 4 April 2020.

*Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing masing PTN. A. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun B. harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar

C. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS D. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa Pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah: A. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul B. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS

C. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun D. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing masing PTN Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:

A. lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA; B. memiliki akun di LTMPT; dan C. lulus SNMPTN 2020; dan

D. lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing masing PTN penerima Setelah peserta pendaftaran SNMPTN melakukan registrasi akun LTMPT dan telah selesai melakukan pengisian Data PDSS, peserta akan mendapatkan pengumuman pemeringkatan. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran SNMPTN.

A. dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN B. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan C. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing masing PTN

D. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman selama periode pendaftaran Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi 2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung Siswa peserta SNMPTN yang melakukan kecurangan akan diberikan sanksi tegas.

Sekolah yang juga melakukan kecurangan dalam tahap SNMPTN ini juga akan diberi sanksi tegas. 1. Sekolah yang terbukti melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya 2. Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN dan terbukti melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusannya

Untuk siswa yang mendaftar sebagai peserta memilliki ketentuan yang berbeda, sebagai berikut: 1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah 2. Calon peserta penerima KIP Kuliah terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP Kuliah

Bagi siswa pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN 2020 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020 Sementara apabila terjadi perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN 2020 akan diinformasikan melalui laman resmi 10

11 12 13

14 15 16

17 18 19

20 21 22

23 25 26

27 28 29

30 31 32

33 34 35

36 37 38

39 40 41

42 43 44

45 46 47

48 49 50

51 52 53

54 55 56

57 58 59

60 61 62

63 64 65

66 67 68

69 70 71

72 73 74

75 76 77

78 79 80

81 82 83

84 85 Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 ini diakses melalui registrasi akun ( Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri ).

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi PTN berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya sesuai yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya ditanggung oleh pemerintah. Hal penting untuk diketahui calon peserta SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *