Sebuah video yang memperlihatkan pedagang bakso ketiduran menunggui dagangannya yang sepi hingga tengah malam viral di media sosial. Dalam video itu terlihat pedagang pria paruh baya itu ketiduran dalam posisi duduk di depan warung di pinggir jalan. Di depan pria tersebut terlihat gerobak bakso.

Meski lelah hingga ketiduran dan sudah tengah malam, pedagang bakso itu tetap berjualan dan menunggu pembeli. Video tersebut dibagikan pertama kali oleh akun TikTok @.ulfadbz. Pemilik akun TikTok tersebut mengunggah tiga video tentang pedagang bakso tersebut.

Video pertama dan kedua, terlihat pedagang ketiduran sambil duduk, namun lokasinya berbeda. Sementara di video ketiga, pedagang bakso tampak melayani beberapa pembeli. Unggahan tersebut sontak mendapat komentar beragam dari warganet di TikTok, bahkan banyak meminta @.ulfadbz untuk membuka donasi.

"Jam 1? Di sana semua org pada tidur beliau masih berusaha mencari uang. Ya Tuhan berikanlah bapak rejeki melimpah." "Kak open donasi aja, aku berusaha buat bantuin di TikTok yaa, ya Tuhan gak kuat aku lihat ginian." "Open donasi aja kak."

"Kak please open donasi aku bantuin aku jg mau donasi, ya Allah sakit bgt hati aku lihat ini," demikian komentar beberapa warganet di akun TikTok @.ulfdbz. Saat dikonfirmasi, pemilik akun @.ulfadbz bernama Ulfadira Septina Putri (22) itu menjelaskan dirinya bertemu dengan pedagang bakso tersebut. Ulfa sapaan akrabnya, mengatakan bahwa pedagang bakso tersebut bernama Priyono (61).

Ulfa mengatakan, Priyono tinggal di Kebayoran bersama bos bakso dan para pedagang lainnya. Diketahui, usaha bakso tersebut bukankan usaha milik Priyono sendiri, melainkan usaha milik orang lain. Priyono hanya menjadi penjual.

Ulfa pertama kali bertemu dengan Priyono pada Jumat (30/10/2020) sekira pukul 23.00 WIB di Karang Anyar Jalan A Sawah Besar, Jakarta Pusat. "Waktu saya mulai vídeo dari sebelum sampai, bapaknya itu emang lagi tidur dan saya malah baru sadar dia tidur pada saat udah turun dari motor dan pesan," imbuhnya. Ulfa mengatakan, Priyono tertidur dengan pulas hingga kepalanya membungkuk.

Ia menyebut bahwa saat itu dagangan bakso Priyono masih banyak. Kali kedua, Ulfa kembali beli dagangan bakso Priyono di tempat yang berbeda Saat itu, waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 WIB.

"Dari jauh udah keliatan kalau si bapak kayanya tidur karena posisinya membungkuk lagi," terangnya. Ulfa menjelaskan, Priyono juga kerap keliling ke daerah Monumen Nasional (Monas). Priyono mulai berkeliling dari pukul 14.00 WIB hingga baksonya habis kira kira pukul 01.00 WIB.

Ulfa menjelaska, bahwa semenjak video yang ia unggah viral di TikTok, dagangan Priyono jadi semakin banyak yang beli. Meski banyak yang ingin membantu Priyono setelah video tersebut viral, namun pedagang bakso tersebut lebih memilih dagangannya habis dibeli ketimbang diberi uang secara cuma cuma. "Saya kasih uang titipan kolektif dari orang terdekat saya si bapak menolak, dia lebih suka kalau dagangannya di beli aja," jelas Ulfa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *