8 Manfaat Markisa untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah markisa. Buah yang memiliki rasa masam ini sangat populer di Indonesia. Seringkali biji markisa dimanfaatkan menjadi aneka minuman yang manis dan menyegarkan.

Di Indonesia sendiri, sering ditemukan dua jenis buah markisa, yaitu markisa kuning (Passiflora flavicarpa) dan markisa ungu (Passiflora edulis). Markisa kuning cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan markisa ungu. Selain memiliki cita rasa yang unik dan menyegarkan, buah markisa juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthbenfeit, buah markisa memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan karbohidrat. Beberapa kandungan tersebut sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat ini bisa didapatkan jika mengonsumsi buah markisa secara rutin dan teratur. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan yang perlu diketahui:

Mencegah Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi daun kelor. Pasalnya buah markisa memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Manfaat markisa tersebut dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan dari penyakit berbahaya lainnya.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi buah markisa.

Markisa memiliki kandungan zat besi, kalium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat markisa ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat markisa yang berikutnya ialah dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengonsumsi buah markisa. Kandungan senyawa pada markisa berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi markisa secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

4. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sesak napas, pusing, dan sakit kepala. Penyakit anemia bisa terjadi akibat kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan karena hemoglobin di dalam sel darah merah tidak cukup, sehingga hal ini dapat menjadikan tubuh tidak mendapatkan cukup darah.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab penyakit anemia bisa dicegah dengan mengonsumsi buah markisa. Pasalnya, markisa mengandung zat besi yang dapat membuat kadar hemoglobin meningkat, sehingga hal ini sangat baik bagi penderita anemia.

Selain itu, buah markisa juga memiliki kandungan yang dapat memproduksi darah merah, sehingga hal ini dapat membantu oksigenasi.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat markisa selanjutnya, sangat cocok untuk orang yang memiliki masalah kesehatan mata. Pasalnya, buah markisa dapat membantu menghambat pertumbuhan sitokrom P450 manusia.

Selain itu, kandungan beta-karoten dalam buah markisa juga dapat mencegah degenerasi makula, sehingga akan melindungi mata dari berbagai macam gangguan berbahaya. Cukup dengan mengonsumsi buah markisa secara teratur, maka kesehatan mata kamu akan selalu terjaga.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Buah markisa mengandung vitamin C hingga kareotonid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Sehingga hal ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah infeksi bakteri serta virus masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan ini juga diperlukan tubuh untuk melindungi sel darah putih dari ancaman bahaya.

Manfaat markisa yang dikonsumsi secara teratur dapat memperkuat imunitas tubuh. Sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Buah markisa mengandung vitamin C hingga kareotonid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Sehingga hal ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah infeksi bakteri serta virus masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan ini juga diperlukan tubuh untuk melindungi sel darah putih dari ancaman bahaya.

Manfaat markisa yang dikonsumsi secara teratur dapat memperkuat imunitas tubuh. Sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu sejak dini harus mulai melakukan upaya pencegahan. Salah satu cara alternatif dan efektif mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi markisa.

Buah markisa mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Sehingga buah markisa dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Manfaat markisa bila dikonsumsi secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *