Inilah kunci jawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas IV SD/MI Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu kelas 4 Tema 2 ini berkaitan tentang Selalu Berhemat Energi. Sementara Subtema 2 berkaitan dengan materi Manfaat Energi.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 59, 60, 61, 63, 64, 65, 66, dan 67 untuk Pembelajaran 2. Pembahasan Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Mengapa Harus Menghemat Kertas?

Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2 gelas air. Amati di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari hari kamu temui. Jawab:

Kertas digunakan untuk menulis, untuk menggambar, untuk membungkus makanan, untuk membuat kerajianan, dan surat menyurat. Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!

Jawab: Saya tidak setuju, karena kita tidakboleh boros kertas. Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?

Jawab: Kita harus menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari olahan kayu pohon. Sehingga dengan menghemat kertas kita akan mengurangi jumlah pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas.

Setiap proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air dan energi dalam jumlah besar dan tentu saja bahan baku, yang pada umumnya berasal dari kayu. Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas! Jawab:

1. Tidak dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal hal lain. 2. Memaksimalkan penggunaan kertas, dengan cara menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas. 3. Mengumpulkan sisa sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi

4. Koran, majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus 5. Ketika akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya. Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.

6. Menggunakan kertas hanya ketika diperlukan. Tulis contoh contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas. Jawab:

Hak mendapatkan kertas yang layak untuk menunjang proses belajar baik membaca atauapun menulis. Hak mendapatkan jumlah kertas yang cukup untuk proses belajar mengerjakan tugas. Kewajiban:

Menghemat kertas sesuai kebutuhan. Membuang sampah kertas pada tempatnya. Tulislah nilai yang sama panjang dengan 1.

Jawab: 2/2, 3/3, 4/4, 5/5, 6/6, 7/7, 8/8, 9/9, 10/10, 11/11, 12/12. Perhatikan pecahan 2/1. Pecahan apa yang sama panjang dengan 2/1.

Jawab: Pecahan yang panjangnya sama tadi juga bisa disebut pecahan senilai. Pecahan senilai untuk 1/2 adalah 2/4, 3/6, 4/8, 5/10, dan 6/12.

Temukan pecahan yang senilai dengan 1/4 dan 1/3 Jawab: Tulislah hasil temuanmu pada tabel berikut.

Jawab: Untuk menemukan pecahan senilai, kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Apakah bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai bisa bilangan 0?

Kerjakan Latihan berikut. 1. Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan berikut. 8/3 = 6/16 = 9/24 = 12/32

4/5 = 8/10 = 12/15 = 16/20 2/3 = 4/6 = 6/9 = 8/12 2. Temukan bilangan yang belum diketahui.

3/4 = 18/24 3/5 = 9/15 2/4 = 6/12 3. Pohon pecahan senilai. Temukan dan warnai pecahan senilai

A. Warna biru untuk pecahan yang senilai dengan 1/2. B. Warna hijau untuk pecahan yang senilai dengan 1/3. C. Warna kuning untuk pecahan yang senilai dengan 1/4.

D. Warna merah muda untuk pecahan yang senilai dengan 1/5. E. Warna jingga untuk pecahan yang senilai dengan 1/6. Jawab:

Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman temanmu untuk menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan tempo sedang. Tambahkan dengan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi. Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu. Apakah saat kamu bernyanyi sudah sesuai tinggi rendah nada? Apakah sudah sesuai tempo?

Mintalah temanmu menuliskan pendapatnya di kolom berikut. Jawaban relatif berbeda sesuai dengan pendapat temanmu. *) Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *