Pemain film dan sinetron Detri Warmanto (33) sempat menjadi sorotan publik, karena terinfeksi virus corona atau covid 19 dua bulan lalu. Detri Warmanto mengumumkan langsung kalau dirinya terinfeksi virus corona atau covid 19 di media sosial instagram miliknya. Setelah dua bulan berlalu dan menjalani isolasi atau karantina mandiri, Detri menegaskan kalau dirinya sudah sembuh dari virus corona atau covid 19.

"Walaupun udah sembuh, ya saya harus waspada agar tidak terinfeksi virus covid 19 ini," kata Detri Warmanto ketika ditemui di gedung Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2020). Lantas, bagaimana cara Detri Warmanto agar tidak terinfeksi virus corona atau covid 19 lagi? "Ya paling kalau keluar begini harus social distancing ya, kayak pakai masker, selalu kebersihan ketika pulang ke rumah, dan jaga jarak," ucapnya.

"Lebaran aja kemarin enggak nerima tamu. Kita lebaran tetap social distancing dan jaga jarak," tambahnya. Selain social distancing dan menjaga kebersihan, menantu politikus dan Menteri Tjahjo Kumolo itu juga menjaga mental agar tidak drop dan bisa menjaga imunitas tubuhnya. "Karena berpikir positif itu bisa membangun imunitas dan antibodi kita. Jadi, ya setelah sembuh saya harus selalu berpikir positif supaya tidak tertular," jelasnya.

Selain itu, lanjut Detri Warmanto, ia masih sering melakukan pengecekan ke rumah sakit dan juga melakukan tes secara mandiri di rumah. "Setiap minggu pasti saya lakukan rapid tes sendiri. Karena rapid tesnya kan bisa mandiri, dan alatnya saya beli. Jadi yaudah tes sendiri aja setiap minggu dan alhamdulillah sehat," ujar Detri Warmanto. Detri pun membagikan cerita perjuangannya dia melawan virus covid 19 atau corona yang sempat menjalar ke tubuhnya.

Pria kelahiran Jakarta, 31 Oktober 1986 itu mengaku tidak mengalami sakit seperti batuk, pusing, diare, dan lain lainnya yang menunjukan gejala terinfeksi virus corona atau covid 19. "Tapi mental saya drop, saya pikir saya akan meninggal, mati, dan lain lain," ucapnya. Menantu dari politikus dan Menteri Tjahjo Kumolo itu merasa sangat terpukul terinfeksi virus corona atau covid 19, ketika sang istri, Karunia Putripari Cendana menangis.

"Terus istri saya sedih dan nangis ketika saya positif covid 19. Itu yang ngebuat saya khawatir dan paranoid, takut anak saya terpapar karena saya tinggal sama anak, istri, dan lainnya," jelasnya. Detri mengaku bahwa lima hari menjalani isolasi diri di rumah sesuai dari arahan dokter, ia harus melaluinya dengan perasaan campur aduk. "Lima hari pertama, ada masa transisi saya sangat drop. Pikiran yang tadi, soal istri saya dan kepikiran anak membuat saya drop.Tapi setelah berjalan isolasi, ternyata ga ada apa apa ya," katanya.

Lebih lanjut, Detri Warmanto menganggap bahwa mentalnya kembali bangkit, setelah ia membaca semua edukasi mengenai bahaya covid 19 atau corona, termasuk selalu berpikir positif agar bisa menguatkan imun diri sendiri. "Intinya kita harus waspada, tapi jangan panik dan cemas. Supaya imun kita terus bertambah. Alhamdulillah, saya sudah sembuh dan baik baik saja," ujar Detri Warmanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *