Es serut ramenakan segera hadir diJepanguntuk menghadapi musim panas, seperti dilansir dariSoraNews24. KakigoriHiyashi Miso Ramen merupakan namaes serut ramenyang dikeluarkan oleh Bankara,kedai ramen populer di Jepang. Tak seperti es serut pada umumnya yang terbuat dari air biasa, Kakigori Hiyashi Miso Ramen terbuat dari kaldu miso yang dibekukan. Sehingga tentu lebih berasa seperti makan ramen.

Biasanyakakigoridiberitoppingkacang merah atau sirup, maka es serut satu ini dihidangkan layaknya ramen pada umumnya. Dalam satu mangkukKakigori Hiyashi Miso Ramen, terdapat es serut miso plus ramen ditambahtoppingtaoge, irisan daging babi panggang, dan rebung fermentasi. Dapat dikatakan bahwaKakigori Hiyashi Miso Ramen adalah ramen tanpa kuah kaldu. Hidangan ini terinspirasi dari ramen miso populer khas Bankara.

Kakigori Hiyashi Miso Ramen dapat dinikmati mulai 15 Juni 2020 dengan harga 880 Yen atau sekitar Rp 115.815. MenurutStripes Okinawa, es serut ataukakigorimerupakan salah satu makanan khas musim panas di Jepang, bersamaan dengan semangka, udon dingin, dan bir. Kakigorikhas Jepang mungkin terlihat serupa dengansnow coneala Amerika, tetapi keduanya punya perbedaan cukup signifikan.

Kakigoripunya tekstur lembut layaknya salju yang baru jatuh dari langit dan terbuat dari es batu yang tak terlalu keras, sedangkansnow coneala Amerika umumnya terbuat dari es batu yang sangat keras. Selain itu,kakigoridilengkapi dengan sirup dan bahan alami seperti kacang merah,matcha, dan gula merah. Sementara, snow cones biasanya disiram sirup rasa buatan. Ciri khas lainkakigoriialah suhu es tak boleh terlalu dingin supaya mendapatkan tekstur lembut layaknya salju. Sebelum diserut es harus berada pada suhu kira kira 10 derajat celsius

Suhufreezerbiasanya 4 derajat celsius, sehingga es batu dikeluarkan dulu sampai suhunya tepat baru diserut. Untuk sirup dantopping, terdapat banyak ragam. Di antaranya stroberi, ceri, lemon,green tea, melon, dan sirup tak berwarna. Ada juga sirup yang terbuat dari sayuran, cuka, miso, kecap, maupunsakedanwine. Kedai penjualkakigoribiasanya memasang banner berwarna biru dan putih dengan tanda tertentu bertuliskan katakoori(es) dalamkanji.

Selain itu, kakigori juga dapat ditemukan pada festival di Jepang misalnyamatsuridanbon odori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *