Presiden Soeharto merupakan kepala negara yang memimpin Indonesia selama 32 tahun. Sosoknya begitu melekat di hati warga Indonesia. Baik soal kepemimpinannya maupun segala kontroversinya. Sosok yang dijuluki sebagai The Smiling General ini sebelumnya telah menggeluti banyak bisnis.

Harta peninggalan Soehartodisebut-sebut mencapai sekitar Rp 400 triliun. Kini kekayaan yang diturunkan pada ‘Keluarga Cendana’ dapat dikembangkan dengan baik. Setiap anaknya memiliki bisnis masing-masing yang sukses, hingga memiliki rumah dan kendaraan di luar negeri. Berikut ulasannya.

Konstruksi Bisnis

Putri pertama Presiden RI ke-2 Seoharto, Siti Hardijanti Rukmana atau akrab disapa Mbak Tutut memiliki segudang bisnis. Dirinya memegang kuasa atas PT Citra Lamtoro Gung Persada dalam menggarap pembangunan dan pengelolaan jalan tol, konstruksi, perdagangan, pertanian sampai kerajinan tangan.

Harta Tutut ditaksir mencapai USD 205 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Namanya sempat berada di peringkat 130 daftar orang terkaya di Indonesia. Disebut-sebut dirinya memiliki 3 unit rumah di Boston, AS senilai USD 2,5 juta atau setara Rp 35,5 miliar. Kini Tutut masih tinggal di wilayah elit Menteng, Jakarta.

Bisnis Bidang Media

Rentetan bisnis yang digeluti Mbak Tutut tak berhenti di situ. Dia juga memegang usaha di bidang telekomunikasi, perbankan, pekebunan, penggilingan tepung terigu, infrastruktur, energi listrik, kehutanan, serta penyulingan dan perdagangan gula.

Sebelumnya Tutut memiliki saham di PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia, melalui stasiun televisi TPI, kini berpindah tangan pada Hary Tanoesoedibjo sebagai MNC TV.

Usahanya di bidang media pernah dituangkan Tutut dengan merilis Tabloid Wanita Indonesia, yang terbit pertama kali pada tahun 1989 dan sukses sekian tahun.

Bisnis Supermarket Tommy Soeharto

Pemilik nama asli Hutomo Mandala Putra terkenal sebagai anak Soeharto yang paling kaya raya. Binis terbaru yang didirikan Tommy, yakni membuka supermarket grosir di Cibubur bernama GORO.

Melalui naungan PT Berkarya Makmur Sejahtera, Tommy Soeharto menjabat sebagai Komisaris Utama di perusahaan. Bisnis lainnya bergerak di bidang transportasi.

Bidang Properti dan Perkebunan

Masih perihal kekayaan Tommy Soeharto, putra kelima yang pernah menyabet peringkat ke-60 orang terkaya di Indonesia. Harta kekayaannya ditaksir USD 670 juta atau sekitar Rp 9,7 triliun.

Diketahui Tommy memiliki perkebunan cengkeh, serta kekayaan yang berasal dari bidang properti, melalui Humpuss Group yang memiliki sejumlah hotel.

Bisnis Properti Bambang Trihatmodjo

Putra ketiga, Bambang Trihatmodjo dikenal sebagai sosok yang lebih low-profile. Namanya kembali mencuri perhatian usai menjalin kasih diam-diam dengan penyanyi kenamaan, Mayangsari.

Bambang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia peringkat 124, dengan taksiran kekayaan mencapai USD 250 juta atau setara Rp 3,6 trililun.

Menurut Globe Asia, kekayaannya berasal dari PT Asriland bergerak bidang properti, perdagangan, konstruksi, televisi swasta, perhotelan, transportasi dan perkebunan.

Taman Wisata Mekarsari Bisnis Mamiek Soeharto

Putri bungsu dari Keluarga Cendana, Siti Hutami Endang Adiningsih atau lebih akrab disapa Mamiek Soeharto. Dia menjadi pengelola Taman Wisata Mekarsari yang cukup terkenal dan luas. Selain pariwisata, Mamiek juga memegang usaha di bidang perkebunan, transportasi, dan pergudangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *