Di tengah masa pandemi virus corona atau covid 19, masyarakat disarankan untuk memakai masker kapan pun termasuk ketika berolahraga di luar rumah. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Andi Kurniawan Sp. KO. menjelaskan berdasarkan sejumlah penelitian, menggunaan masker saat berolahraga tidak menimbulkan efek yang membahayakan termasuk kematian. Memang akan timbul rasa tidak nyaman saat memakai masker seperti rasa sesak karena perputaran oksigen yang tidak lancar.

Namun secara refleks, tubuh akan membuka sebentar masker untuk mencari lebih banyak udara. Dr. Andi menjelaskan seseorang yang meninggal saat berolahraga biasanya dipicu oleh penyakit bawaan seperti jantung atau penyakit lainya yang bisa diketahui dengan medical checkup (MCU). Sehingga dr. Andi mengingatkan walaupun olahraga bagus untuk kesehatan tapi disesuaikan juga dengan kapasitas tubuh.

"Jangan bersepeda melebihi kapasitas tubuh kita dan kita harus tahu masalah kesehatan kita apa ada sakit jantung atau paru paru," kata dr. Andi. Untuk yang memiliki penyakit seperti jantung disarankan memilih olahraga intensintas rendah dan sedang saja supaya tidak memacu kerja jantung yang berlebihan. "Dokter tidak melarang olahraga intensitas tinggi tapi kalau seseorang punya masalah jantung dan paru paru, pasti dokter akan melarang olahrgaa yang intensitas tinggi dan over sekal, disarankan yang ringan dan sedang saja," ungkap dr. Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *