Berikut ini adalah kunci jawaban Tema 2 Kelas 4 halaman 42, 43, 44, 45, 47, 48 dan 49,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Adapun soal halaman 42, 43, 44, 45, 47, 48 dan 49 berada pada Pembelajaran 6, Subtema 1: Sumber Energi, Tema 2: Selalu Berhemat Energi. Tahukah kamu dari mana sumber energi untuk kendaraan bermotor yang terdapat pada gambar berikut berasal?

Kendaraan bermotor memperoleh energi dari pembakaran bahan bakar. Bahan bakar kendaraan bermotor adalah bensin, pertamax, premium, pertalite, solar dan lainnya. Semua bahan bakar itu diperoleh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu minyak bumi. Ayo Berdiskusi Minyak Bumi merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.

Amati gambar di atas dan jawab pertanyaan berikut. (gambar hal 42) 1. Apa yang diceritakan gambar di atas? Gambar diatas menceritakan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan manusia sehari hari. Misalnya menjemur pakaian, berolah raga, anak yang masih kecil berjemur supaya cukup mendapatkan sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan.

2. Sebutkan gambar gambar yang mendukung alasanmu terkait penggunaan sumber energi minyak bumi? Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci Alasannya: Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci termasuk secara tidak langsung menggunakan energi minyak bumi. Karena mesin cuci menggunakan energi listrik, sedangkan energi listrik dihasilkan dari mesin yang bahan bakarnya adalah minyak. Sedangkan minyak berasal dari minyak bumi. Berangkat Sekolah Dengan Motor Alasannya: Berangkat sekolah dengan sepeda motor terkadang diperlukan karena jarak sekolah dengan rumah yang jauh. Sepeda motor adalah kendaraan mesin yang menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin, pertamax, premium, pertalite. Semua bahan tersebut berasal dari minyak bumi.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban jawaban di atas. Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi berasal dari jasad hewan hewan purba yang telah punah berjuta tahun yang lalu. Jadi minyak bumi tidak dapat diperbaharui lagi jika sudah habis. Minyak bumi sangat besar manfaatnya bagi manusia. Karena hampir sebagian besar peralatan atau kendaraan mesin yang dipakai oleh manusia bahan bakarnya berasal dari minyak bumi yang sudah diolah. Misalnya sepeda motor, mobil, diesel yang bahan bakarnya adalah bensin, pertamax, premium, solar yang semuanya berasal dari minyak bumi.

Listrik yang kita gunakan sehari hari ada beberapa pembangkitnya berasal dari mesin yang bahan bakarnya menggunakan minyak bumi. Seperti pembangkit listrik tenaga diesel, yang sumber bahan bakarnya adalah minyak bumi. Jadi, minyak bumi manfaatnya sangat banyak bagi manusia. Akan tetapi kita harus ingat bahwa minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk itu kita harus berhemat dalam menggunakan minyak bumi. Sekarang buatlah gambar yang menceritakan ajakan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

Siswa bisa saja membuat gambar ajakan 'Ayo Naik Sepeda'. Dengan naik sepeda bisa hemat BBM. Siswa juga bisa membuat gambar ajakan 'Ayo Naik Bus'. Naik bus dapat menghemat penggunaan BBM. Tukarkan gambar yang kamu buat dengan teman yang duduk di sebelah. Mintalah teman menceritakan tentang isi gambar yang kamu buat.

Minyak bumi merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah mengimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak. Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas. 1. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh.

Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari hari maksudnya adalah, kita sebagai warga negara sudah dijamin oleh negara mempunyai hak untuk bisa memanfaatkan minyak bumi untuk mendukung kegiatan sehari hari. Misalnya kita menggunakan bensin untuk kendaraan motor, mobil, genset dll. Kita diperbolehkan menggunakan itu semua tanpa adanya larangan dari pihak manapun termasuk negara. Contoh: Menggunakan bensin untuk kendaraan bermotor Menggunakan solar untuk menghidupkan diesel Menggunakan besin atau pertalit untuk menghidupkan genset

2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya? Yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya adalah, kemungkinan besar akan terjadi gejolak dalam kehidupan masyarakat. Jika gejolak dibiarkan terus menerus, dikhawatirkan akan semakin membuat kekacauan di dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini juga akan memicu rasa ketidakpercayaan masyarakat atau warga negara terhadap pemerintah yang akan berimbas dengan kacaunya keseimbangan antara hak dan kewajiban seorang warga negara.

Sehingga kemungkinan besar masyarakat akan acuh tak acur terhadap kewajibannya sebagai seorang warga negara. 3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya. Sebagai seorang warga negara yang baik, selain menuntut hak, kita juga wajib melaksanakan kewajiban sebagai seorang warga negara.

Salah satunya adalah kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Hal ini dikarenakan minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang ketersediaanya sangat terbatas di bumi ini. Contohnya: Membiasakan naik angkutan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi Membiasakan jalan kaki atau naik sepeda daripada menggunakan kendaraan bermotor Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik juga salah satu turunan minyak bumi Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti matahari, air, atau angin. Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air. 4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan, dan apabila kita melakukan kewajiban kita akan menerima hak. Jadi ketika kita tidak melaksanakan kewajiban dengan baik, maka kita tidak dapat menerima hak. 5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak! Cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak adalah dengan memanfaatkan semua poduk hasil turunannya dengan bijak, misalnya:

Menghemat penggunaan BBM dengan menggunakan transportasi umum Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik juga salah satu turunan minyak bumi Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Diskusikan teknik gerakan dengan gurumu. Setelah melakukan kegiatan, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu. Apakah kamu sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik dalam permainan ini? Jelaskan.

Saya dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan kedua tangan dengan baik. Hal ini dikarenakan saya mengikuti instruksi yang sudah dicontohkan melalui video online oleh pembimbing olahraga kami, selanjutnya saya mempraktikkannya semaksimal mungkin. Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan. Teman yang lain dalam satu kelompok, mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik. Hal ini karena teman yang lain juga mengikuti instruksi yang sudah dicontohkan melalui video online oleh pembimbing olahraga kami.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika melempar bola? Jelaskan. Lihat ke depan, lihat arah tujuan bola. Bola ditarik ke belakang kepala, pandangan mengarah kepada sasaran yang dituju. Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika menangkap bola? Jelaskan.

Arah datangnya bola, menahan tekanan bola, menentukan jarak menangkap bola. Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan? Berusaha semaksimal mungkin dan lebih fokus.

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu? Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola secara berkelompok. Baca lagi cara bermainnya dan diskusikan teknik gerakan dengan gurumu. Selanjutnya, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu. Apakah kelompokmu berhasil menjadi pemenang? Mengapa? Sikap apa yang harus ditunjukkan oleh anggota kelompok agar menjadi pemenang? Bagaimana perasaanmu saat mengalami kekalahan? Apa yang harus kamu lakukan ketika mengalami kekalahan? Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang kalah? Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang menang?

Realtif berbeda sesuai dengan permainan siswa. Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu? Sampaikan hasil refleksi belajar selama satu minggu ini kepada orang tuamu. Bagaimana sampaikan perasaanmu saat belajar, apa yang sudah dipelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan menarik. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Disclaimer: Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *