Manfaat rebung ternyata cukup berguna bagi kesehatan. Rebung adalah bambu muda atau tunas bambu yang bisa dimakan dan biasanya diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat.

Mungkin belum banyak yang tahu jika rebung ternyata mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk tubuh. Manfaat rebung untuk kesehatan dipengaruhi karena adanya kandungan serat yang tinggi serta rendahnya kalori.

Untuk itu, rebung sangat baik untuk kesehatan tubuh serta membantu menurunkan berat badan. Berikut Merdeka.com merangkum manfaat rebung bagi kesehatan dilansir dari laman doktersehat dan berbagai sumber:

Bantu Turunkan Berat Badan

Rebung dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Jika Anda sedang dalam program diet, rebung cocok dikonsumsi karena mengandung sedikit kalori. 3,5 ons atau ¾ cangkir rebung yang sudah dimasak, hanya menghasilkan sebesar 12-19 kalori.

Hindari mengolah rebung dengan santan, minyak, atau bahan lain yang berpotensi merusak khasiat dari rebung.

Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat rebung yang kedua adalah dapat melancarkan buang air besar. Hal ini dikarenakan rebung merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari Klikdokter, serat dalam rebung berfungsi untuk menambah berat tinja sekaligus melembutkannya. Mengonsumsi 3,5 ons rebung yang sudah dimasak akan memenuhi 4 persen kebutuhan serat harian.

Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Rebung juga dipercaya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan serat dalam rebung tidak hanya berguna untuk melancarkan pencernaan, melainkan bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Dilansir dari KlikDokter, salah satu faktor yang dapat memengaruhi kadar kolesterol tubuh adalah asupan makanan. Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Namun, rebung merupakan makanan yang tidak mengandung sedikitpun lemak jahat justru kaya akan serat dan kalium yang bisa menstabilkan kolesterol dalam darah.

Kolesterol jahat atau LDL dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang terkandung di dalam rebung juga dikatakan mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi dan mineral dalam rebung dipercaya mampu memaksimalkan kesehatan seseorang.

Selain itu, rebung juga bisa menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh karena kandungan protein yang berfungsi menjaga kondisi sel ahgar tetap berfungsi dengan baik.

Mengatasi Peradangan

Kandungan anti-inflamasi dalam rebung membuatnya dimanfaatkan sebagai makanan yang bisa mencegah peradangan. Kandungan asam fenolik pada rebung adalah komponen terkuat yang berkontribusi membuat manfaat rebung sebagai makananan anti-inflamasi yang baik. Selain sebagai antiradang, khasiat rebung lainnya adalah mencegah terjadinya tukak lambung.

Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat rebung selanjutnya ialah membantu menjaga kesehatan kulit karena adanya kandungan vitamin C dan E yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan antioksidan dan asam amino membuat rebung membantu mencegah kerusakan pada kulit yang sering terjadi karena paparan radikal bebas.

Selain untuk kulit, rebung juga dikatakan ampuh dalam mengatasi luka dan bisul serta kerap dijadikan sebagai obat cacingan dan mengatasi rasa sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *