Tempat yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat danlari dari hiruk pikuk perkotaan. Nah, tempat dengan suasana sejuktersebut bisa traveler temukan saat jalan jalan ke Bandung setelah pandemi mereda. Cobalah datang ke WotBatudiJalanBukitPakarTimurNo 98, Cimenyan, Bandung.

Lokasinya mudah dijangkausetelahjalan jalan menikmatiKotaBandung. Sesuai namanya,WotBatumemajangberbagai karya seni berupa batu yang disusun secara artistik. Sebagai Wisata Seni dan Budaya,WotBatumemiliki daya tarik tersendiribagi pengunjung, khususnya para pecinta seni.

Namanya mungkin baru didengar sebagian orang setelah menjadi lokasi pernikahan Tara Basro dan Daniel Adnan. Bandung banyak dipilih seniman indonesia dan dunia sebagai tempat untuk berkreasi dan tempat tinggal. Satu di antaranya adalah Sunaryo,senimankelahiran Banyumas, 15 mei 1943yang menetap di Bandung bersama karya seninya.

Tempat wisata baru seperti tempat nongkrong dengan konsep Art Space atau galeri seni pun kini banyak dijumpai di Bandung. Termasuk WotBatuyang merupakan bagian dari Selasar Sunaryo Art Space Bandung. Monumen batu karya Sunaryo lahir dari konfigurasi energi spiritual dari perjalanannya, sehingga menjadi ciri khas nya dalam berkarya.

Ada sekitar11 instalasi bebatuan yang diletakkan secara harmoni dan berkesan menyatu dengan alam. Susunan bebatuan ini memberikan kesan elegan dan menenangkan bagi setiap orang yang memandangnya. Wot Batu mempunyai nama populer lain yaitu Stone Garden Padalarang.

Tempat ini diresmikan oleh Anies Baswedan pada 2015. Wot Batu merupakan sarana ekspresi dan imajinasi seni Sunaryo dengan media batu yangmemiliki mendalam. Karya seni instalasiWot Batu akan mengajak setiap penikmatnya memaknai kehidupan di dunia yang fana serta kehidupan yang akan datang.

Pengunjung akan diajakmemahami filosofi kelahiran, interaksi sosial dengan sesama mahluk hidup, serta perkembangan zaman yang manusia alami selama hidupnya. WotBatujuga menjadi sebuah tempat yang bisa menyimbolkan dan mengandung makna filosofi yang kuat di alam akhirat atau keabadian. Kata Wot dalam bahasa Jawa berarti jembatan.

Di sini, ada juga instalasi yang menggambarkan keselarasan, yaitu keselarasan otak manusia yang seimbang antara kanan dan kiri. MakaWotBatuSelasar Sunaryo ini bisa direfleksikan sebagai sebuah jembatan batu yang mengandung makna jembatan spiritual pikiran manusia. Wot Batu akan mengajarkanmu banyak haltentang karya seni kontemporer yang dibuat oleh Sunaryo.

Senimansenior Indonesia ini mampu menciptakan sisi eksotisme dan religius dari karya seni yang sangat artistik. Selain itu,kamu juga bisa mengapresiasi dan memaknai simbolisasi nilai nilai kehidupan dan kematian dalam bentuk karya seni yang indah luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *